Jalan Rantau Pandan Bungo Sengaja Diputus Agar Rumah Warga Tidak Kebanjiran

Jalan Rantau Pandan Bungo Sengaja Diputus Agar Rumah Warga Tidak Kebanjiran

Jalan Rantau Pandan Bungo Sengaja Diputus Agar Rumah Warga Tidak Kebanjiran-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Bungo Jalan Rantau Pandan Bungo putus setelah diterjang derasnya arus sungai yang terjadi pada Senin, 26 Februari 2024. Akses jalan penghubung kecamatan Rantau Pandan menuju kabupaten Bungo ini sengaja diputus oleh pemerintah setempat, agar air tidak menumpuk dan menyebabkan banjir di pemukiman warga. 

Kepala BPBD Kabupaten Bungo, Zainadi mengatakan, awalnya gorong-gorong yang berada di bawah jalan penghubung tersumbat dan tidak mampu mengaliri air ke Sungai Batang Bungo dengan maksimal. Sehingga pihaknya bersama Dinas PUPR memutuskan untuk membedah jalan agar air dapat mengalir dengan lancar. 

BACA JUGA:Sungai Batang Merao Kerinci Meluap, Akses Jalan Putus dan Ratusan Rumah Terendam Banjir

“Hujan yang lebat beberapa hari yang lalu maka terjadi penyumbatan di salah satu gorong-gorong atau polongan di daerah Rantau Pandan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran air sehingga air kembali ke muaranya. Kami sudah rapatkan dengan Dinas PU dan mengambil keputusan bahwa jalan tersebut dibedah sehingga air bisa mengalir. Nanti akan diganti dengan polong yang baru,” ujar Zainadi, Kepala BPBD Bungo.

Saat ini Dinas PU kabupaten Bungo sudah melakukan perbaikan gorong-gorong yang berada di bawah jalan penghubung tersebut. Kondisinya kendaraan sudah bisa melintas namun harus bergantian karena tekstur tanah yang belum padat. 

Perbaikan akses jalan ini akan secepatnya rampung dan warga bisa kembali melintas seperti biasa. Serta gorong-gorong yang di perbaiki bisa berfungsi dengan maksimal  untuk mengaliri jalur air anak sungai ke sungai Batang Bungo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id