KPU Akan Siapkan TPS Khusus Pemilih Disabilitas

KPU Akan Siapkan TPS Khusus Pemilih Disabilitas

Kpu Akan Siapkan TPS Khusus Pemilih Disabilitas-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Jelang Pemilu 2024, Kpu Kabupaten Batanghari juga akan menyiapkan tps khusus pemilih disabilitas. Setidaknya ada sekitar 952 orang pemilih disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari, saat ini masih melakukan pemantapan. Terhadap persiapan jelang pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 Mendatang. Salah satunya dengan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara atau TPS khusus bagi pemilih disabilitas di daerah setempat.

BACA JUGA:162 Lokasi TPS Pemilu 2024 di Batanghari Terendam Banjir

Seperti yang diungkapkan oleh Komisioner Kpu Kabupaten Batanghari Hendri Handayani. Bahwa untuk mempermudah akses bagi pemilih disabilitas dalam menyalurkan hak suaranya. Penyandang disabilitas khususnya yang menggunakan kursi roda, dapat dibantu oleh pendamping yang ditunjuk atau dipercaya untuk menuju ke bilik suara dan memilih secara mandiri. 

Namun jika tidak bisa memilih secara mandiri, maka pendamping yang ditunjuk dapat membantu mencoblos sesuai pilihan disabilitas tersebut dan harus dirahasiakan.

“Mengenai layanan bagi pemilih disabilitas dengan tata cara sebagai berikut, yang pertama pemilih disabilitas dapat dibantu oleh pendamping yang dipercaya dengan ketentuan. Yang pertama pendamping yang ditunjuk oleh disabilitas yang berasal dari keluarga kpps 6 atau kpps 7. kemudian yang kedua bagi pemilih disabilitas dapat memberikan hak suaranya secara mandiri,” Ungkap Hendri Handayani Komisioner Kpu Batanghari.

Dari data KPU ada sebanyak 952 orang pemilih disabilitas yang tersebar di Delapan Kecamatan Kabupaten Batanghari. Mereka terbagi dalam enam kelompok seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna netra. Kemudian disabilitas fisik, intelektual dan disabilitas mental. Mayoritas dari mereka merupakan penyandang disabilitas fisik dengan jumlah 366 orang.

BACA JUGA:Rekrutmen Pengawas TPS di Sarolangun Masih Kekurangan Pelamar, Baru 50 Persen Kuota yang Mendaftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv