Tim Damkartan Kota Jambi Amankan Biawak Besar Dengan Berat 15 Kg

Tim Damkartan Kota Jambi Amankan Biawak Besar Dengan Berat 15 Kg

Tim Damkartan Kota Jambi Amankan Biawak Besar Dengan Berat 15 Kg-agustri-Jambitv

Jambitv.co, Kota Jambi - Seekor biawak dengan ukuran besar memiliki berat 15 kg dan panjang 2,5 meter. Berhasil diamankan tim petugas dari dinas  damkar dan penyelamatan kota jambi. Meski sempat mengamu, namun biawak tersebut akhirnya berhasil diamankan setelah terjebak di gang sempit disebelah rumah warga.

Peristiwa biawak mengamuk ini terjadi pada selasa 2 januari 2024, di rumah Suparmi warga di Jalan Muria Rt.09 Kelurahan Simpang Tiga Sipin Kota Baru. Tim damkartan yang diterjunkan ke lokasi sempat mengalami kesulitan. Saat akan mengevakuasi hewan yang hampir mirip komodo tersebut.

Beruntung saat dilakukan upaya evakuasi, biawak akhirnya terjebak di celah dinding rumah dengan lebar sekitar kurang lebih 40 centi meter. Namun hal tersebut justru sempat menyulitkan petugas.

BACA JUGA:Damkar Kota Kembali Amankan Ular Piton Sepanjang 3 Meter

Meski demikian, biawak Akhirnya berhasil diamankan dengan menggunakan tali jerat dari seling. Serta mulut biawak diisolasi dan kaki tangannya diikat.

“Kami dari dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan kota jambi. Berdasarkan laporan warga di RT 9 Kelurahan Simpang Tiga Sipin, adanya hewan yang membahayakan manusia yaitu biawak. Dan tim rescue penyelamatan juga kita menurunkan personel 5 orang untuk melakukan evakuasi hewan liar tersebut. Dan nantinya akan kita kembalikan ke habitatnya,” Kata Mustari Affandi Kadis Damkartan Kota Jambi.

BACA JUGA:Warga Tebo Temukan Buaya Tersangkut di Jaring

Damkartan Kota Jambi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mencoba menangani hewan liar seperti biawak seorang diri. Sebaiknya laporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang agar dapat ditangani secara profesional dan aman. Atau menghubungi call center kota jambi di 112.

“Dalam kondisi pancaroba ini memang banyak sekali hewan liar yang akan keluar dari sarangnya. Untuk itu kepada seluruh masyarakat untuk dapat berhati hati,” Pungkas Mustari.

BACA JUGA:Ular Piton Sepanjang 4 Meter Diamankan dari Plafon Rumah Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv