Wisata Danau Sipin Diselimuti Eceng Gondok, Pengelola Ketek Wisata Dibuat Kewalahan

Wisata Danau Sipin Diselimuti Eceng Gondok, Pengelola Ketek Wisata Dibuat Kewalahan

Wisata Danau Sipin Diselimuti Eceng Gondok, Pengelola Ketek Wisata Dibuat Kewalahan-Agustri-JambiTV

Jambitv.co, KotaJambi – Wisata danau sipin yang berada di kecamatan Danau Sipin Kota Jambi semakin terkenal. Para pengunjung yang datang juga terus bertambah seiiring dengan peningkatan fasilitas wisata yang disediakan. Mulai dari wisata perahu hias, ketek wisata hingga wisata kuliner

Hanya saja, di objek wisata Danau Sipin ini, hampir setiap tahun mengalami masalah yang sama, yaitu danau dikotori dengan adanya tanaman eceng gondok. Jumlah sangat banyak hingga menutupi hampir sebagian besar wisata air yang ada di Danau Sipin.

Kondisi ini dikeluhkan para pengunjung dan pengelola wisata air seperti ketek wisata. Karena banyaknya eceng gondok yang menyelimuti kawasan Danau Sipin, sehingga aktivitas ketek wisata menjadi terganggu. Tidak semua perahu ketek dapat beroperasi, karena kesulitan menyingkirkan eceng gondok yang memenuhi tepian danau. 

BACA JUGA:Obyek Wisata Danau Tangkas Muaro Jambi Mengering Dampak Musim Kemarau


Ketek Wisata yang Kesulitan Keluar dari Eceng Gondok di Kawasan Wisata Danau Sipin--

Herman salah seorang pengemudi ketek wisata mengatakan, kondisi ini terjadi sejak 1 minggu terakhir. Saat debit air meningkat, eceng gondok selalu banyak mengotori kawasan Danau Sipin. 

“Kondisi ini sudah terjadi kurang lebih 1 mingguan. Semenjak air dalam selalu ada seperti ini. Usaha wisata kita sangat terganggu. Yang bisa kami lakukan paling menyingkirkan sebisanya menggunakan satu kapal, menghidupkan mesinnya sehingga eceng gondok bisa bergeser ke tempat lain,” ujar Herman, pengemudi ketek wisata di Danau Sipin.

BACA JUGA:Tradisi Ngacau Lupak Danau, Warga Mencari Ikan Selama 3 Hari

Herman berharap ada langkah cepat yang dilakukan Pemerintah untuk membantu membersihkan Danau Sipin dari eceng gondok ini. Karena selain menghalangi wisata transportasi air, eceng gondok juga membuat wajah Danau Sipin semakin kotor dan semrawut.

Disisi lain, Wisata Danau Sipin Kota Jambi saat ini sudah menjadi pilihan masyarakat untuk bersantai pada musim liburan atau libur akhir pekan. Masyarakat biasanya berkumpul di dermaga bersama keluarga sambil menikmati jajanan kuliner.

Sejumlah pengunjung berharap fasilitas wisata Danau Sipin dapat terus ditingkatkan dan fasilitas publik dapat terus ditambah sehingga Wisata Danau Sipin dapat semakin berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id