Tradisi Ngacau Lupak Danau, Warga Mencari Ikan Selama 3 Hari

Tradisi Ngacau Lupak Danau, Warga Mencari Ikan Selama 3 Hari

Warga Dusun Jumbak yang Mengikuti Tradisi Ngacau Lupak Danau di Dusun Jumbak, Kabupaten Bungo-arief rizal-jambitv

Jambitv.co, Bungo – Di Dusun Jumbak, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, ada satu tradisi yang unik. Namanya Tradisi Ngacau Lupak Danau. Tradisi ini diikuti oleh semua masyarakat, baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Pria dan wanita turun ke Danau untuk mencari ikan selama 3 hari berturut-turut.

 

Pada Kamis siang 10 Agustus 2023, masyarakat setempat kembali menggelar tradisi ini dengan sangat antusias. Dalam pelaksanaan tradisi mencari ikan selama 3 hari ini, warga dilarang menangkap ikan menggunakan Jala atau jaring. Warga hanya diperbolehkan menggunakan tanggukan yang terbuat dari tali jala kecil, tujuanya agar semua warga berkesempatan mendapatkan Ikan dan terbagi rata.

BACA JUGA:Ratusan Warga Terusan Laksanakan Tradisi Bekarang Besamo di Lubuk Jawi

Tradisi Ngacau Lupak Danau sudah menjadi bagian penting dari budaya dan kehidupan masyarakat Dusun Jumbak. Setiap kali air danau surut, warga secara antusias melibatkan diri dalam kegiatan menangkap ikan ini. Masyarakat merasakan kegembiraan dan kebersamaan saat mengikuti tradisi ini. 

BACA JUGA:Tradisi Melemang Sekampung Warga Batang Asai Sarolangun

Ikan yang berada dalam danau buatan ini bermacam-macam, seperti Ikan Nila, Ikan Mas, Ikan Gabus dan lainnya. Ikan-ikan ini berasal dari Sungai Jujuhan dan juga bantuan benih dari pemerintah. Ikan yang di dapatkan oleh warga boleh langsung dibawa ke rumah masing-masing untuk di jadikan lauk. 

BACA JUGA:Siap-siap! Besok Liga Dangdut Jambi TV & JDC Dimulai. 67 Peserta Siap Bersaing Menjadi Juara

“Ikannya dari Sungai Jujuhan dan ada juga ikan yang dimasukin oleh pemerintah. Ikan ini ada Patin, Nila, Ikan Mas, bermacam-macam. Peserta yang ikut acara ini bebas, setiap desa boleh masuk kesini. Hasil tangkapannya dibawa sendiri-sendiri pulang ke rumah masing-masing,” ujar Kulup, salah seorang warga Dusun Jumbak. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: