Longsor di Batang Asai Telah Diatasi, Jalan Menuju 7 Desa Sudah Dapat Dilalui

Longsor di Batang Asai Telah Diatasi, Jalan Menuju 7 Desa Sudah Dapat Dilalui

Longsor di Batang Asai Telah Diatasi, Jalan Menuju 7 Desa Sudah Dapat Dilalui-Surya Abadi-JambiTV

Jambitv.co, Sarolangun Bencana longsor di Batang Asai Sarolangun telah berhasil di atasi. Saat ini, akses jalan menuju 7 Desa telah kembali normal dan dapat dilalui kendaraan. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, longsor di Batang Asai ini terjadi pada Rabu, 13 Desember 2023.

Akibat longsor tersebut, akses jalan menuju 7 Desa Marga Bathin Pengambang Batang Asai sempat terputus. Tidak hanya itu, akibat longsor juga membuat pasokan listrik mati karena tiang listrik yang di seputaran longsor roboh.

Pasca insiden tersebut, Tim dari Dinas PUPR Provinsi Jambi langsung menerjunkan alat berat untuk kembali membuka jalan. Namun untuk persoalan jaringan listrik, masih dilakukan perbaikan oleh PLN. 

BACA JUGA:BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ektrem Terjadi 3 Hari Mendatang, Waspada Angin Puting Beliung, Banjir dan Longsor

Meskipun sudah dapat dilalui oleh kendaraan, namun warga diminta untuk tetap waspada. Karena akses jalan bekas longsor masih terlihat licin dan becek yang dapat membahayakan bagi pengendara khususnya roda dua. 

Warga juga dihimbau agar dapat tetap waspada terutama saat hujan deras turun, karena bisa saja nantinya terjadi longsor susulan.

Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun ini, hampir menjadi langganan tanah longsor saat musim penghujan. Kontur tanah perbukitan dan banyak jalan yang berada di tepi jurang, membuat sejumlah akses jalan di kawasan ini rawan terjadinya longsor.

BACA JUGA:Waspada, Dua Kecamatan di Sarolangun Rawan Tanah Longsor

Sejauh ini, belum ada langkah antisipasi untuk mengatasi longsor ini. Kondisi wilayah yang curam membuat Pemerintah tidak dapat berbuat banyak. Tanah longsor yang kerap terjadi mengingatkan warga setempat untuk ekstra hati-hati.

Selain membahayakan keselamatan saat berkendara, longsor ini juga dapat mengisolasi sejumlah desa, karena hanya memiliki satu akses jalan untuk keluar masuk desa dari kecamatan Batang Asai. 

Warga dihimbau untuk tidak bepergian menggunakan kendaraan saat hujan melanda. Terutama melintasi kawasan perbukitan yang memiliki potensi besar terjadinya longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id