Waspada! 3 Titik Aliran Sungai Batanghari Dinyatakan Sudah Tercemar

Waspada! 3 Titik Aliran Sungai Batanghari Dinyatakan Sudah Tercemar

Waspada! 3 Titik Aliran Sungai Batanghari Dinyatakan Sudah Tercemar-Pirdana Atrio-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Batanghari - Aliran air sungai di sejumlah titik di Kabupaten Batanghari, dinyatakan sudah tercemar. Berdasarkan hasil uji sampel yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup daerah, air sungai tercemar akibat pembuangan sampah atau limbah domestik.

Dinas lingkungan hidup Kabupaten Batanghari, saat ini telah melakukan uji sampel terhadap kualitas air sungai di Batanghari. Dari hasil uji sampel tersebut, kondisi air sungai di 3 titik telah dinyatakan tercemar.

BACA JUGA:Air Sungai Keruh, Perumda Tambah Penggunaan Tawas 10 Ton

Kepala bidang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Hendra mengungkapkan, 3 titik tersebut merupakan aliran anak sungai yang berada di bagian hulu, tengah, dan bagian hilir sungai batanghari. Pencemaran air sungai tersebut, masih dikategorikan sedang.

“Kita Dinas lingkungan hidup Kabupaten Batanghari melakukan pemantauan yaitu di 3 titik sungai, hulu tengah dan hilir. Untuk di hulu namanya sungai renags, kalau di tengah namanya sungai bulian dan di hilir sungai pniang setandan. Hasil yang kami terima setelah dilakukan uji lab ternyata sudah tercemar,” jelas Hendra.

Sejumlah titik aliran sungai itu berada di wilayah kecamatan Marosebo Ulu, Muara Bulian, dan kecamatan Pemayung. Pencemaran ini terjadi akibat pembuangan sampah rumah tangga, atau limbah domestik yang dibuang oknum warga ke aliran anak sungai. Sejauh ini, Dinas lingkungan hidup Kabupaten Batanghari masih akan melakukan uji sampel kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: