10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Kenaikan Harga Sembako

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Kenaikan Harga Sembako

10 Cara Mengantur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Kenaikan Harga Sembako--pixabay

Jambitv.co, Jambi – Ditengah naiknya sejumlah harga barang di pasaran, kita perlu harus mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Jika tidak, bisa saja kita akan mengalami kesulitan finansial akibat terpuruknya perekonomian. 

Mengatur keuangan rumah tangga merupakan langkah penting untuk mencapai stabilitas finansial dan menghindari masalah keuangan. 

BACA JUGA:Harga Cabai Naik di Sarolangun, Cabai Merah Rp 65 Ribu/Kg

Berikut 10 cara mengatur keuangan rumah tangga yang dapat membantu di tengah kenaikan harga sembako saat ini :

1. Buat Anggaran :

Tentukan pendapatan bulanan: Catat semua sumber pendapatan rumah tangga. Identifikasi pengeluaran, buat daftar semua biaya rutin dan non-rutin. Prioritaskan pengeluaran, Tentukan kebutuhan utama dan alokasikan anggaran sesuai prioritas.

2. Simpan dan Investasikan :

Tetapkan dana darurat, simpan sejumlah uang untuk keadaan darurat, setara dengan beberapa bulan pengeluaran rutin. Investasikan untuk masa depan, Pertimbangkan investasi jangka panjang seperti reksa dana, properti, atau investasi lain yang sesuai dengan tujuan finansial Anda.

3. Hemat dan Kurangi Utang:

Kurangi utang : prioritaskan pembayaran utang dan hindari menumpuknya. Identifikasi penghematan : Cari cara untuk mengurangi pengeluaran, seperti makan di rumah, membatasi belanja impulsif, dan mencari diskon.

BACA JUGA:Harga Cabai dan Telur Ayam Merangkak Naik, Ini Penyebabnya!!!

4. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Rumah Tangga :

Jaga keuangan pribadi dan rumah tangga terpisah untuk mencegah kebingungan. Diskusikan tujuan bersama keluarga untuk memastikan bahwa semua anggota keluarga memiliki pemahaman yang sama.

5. Manajemen Utang:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id