6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Setelah Sakit

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Setelah Sakit

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Setelah Sakit-pixabay-

Jambitv.co, Jambi – Mengatasi anak susah makan setelah sakit membutuhkan cara khusus agar nafsu makan anak kembali bangkit. Persoalan ini sering kali memusingkan orang tua, karena pasca sakit nafsu makan anak sangat berkurang. Banyak usaha yang dilakukan orang tua untuk membuat nafsu makan anak kembali seperti biasa, namun sangat tidak mudah.

Dirangkum dari berbagai sumber website kesehatan, sebenarnya ada cara khusus yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi anak susah makan setelah sakit. 

BACA JUGA:7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

1. Berikan makanan dengan aroma yang lezat untuk membangkitkan nafsu makannya.

Cobalah goda sikecil dengan memancing indra penciumannya, engan makanan atau pun masakan yang aromanya bisa menggugah seleranya. Karena indra penciuman sangat berpengeruh sekali dalam menaikan nafsu makan si kecil

2. Berikan Makanan yang sangat di sukai anak

Namun dalam hal ini, bunda tetap perhatikan kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut ya, sehingga ini aman di konsumi oleh anak kita.

3. Kemas makanan dengan bentuk yang lucu dan menarik

Coba bunda mengemas makanan dengan semenarik mungkin, agar si kecil penasaran dengan makanan tersebut. Mungkin berawal dari tampilan yang unik dan lucu akan menimbulkan nafsu makanya bangkit. Misalnya buatlah nasi menjadi bentuk panda yang lucu dan beri hiasan-hiasan yang cantik disekelilingnya.

4. Sediakan Cemilan sehat

Nah, setelah ia mau makan usahakan berikan cemilan sehat yang disukainya. Seperti pisang atau pun salad buah dengan warna-warni sehingga menarik dan menimbulkan rasa ingin mencobanya. Atau pun roti dengan selai dan bisa juga roti isi daging dan keju dan cemilan lainnya yang sehat untuk si kecil.

5. Berikan anak makanan dengan porsi yang sedang namun sering.

Coba bunda atur untuk waktu dan porsi makan si kecil ketika habis sakit. Berikan anak makan dengan porsi kecil dan sedang. Upayakan makanan mau dicicip walau pun sedikit. Lakukan dengan rutin hingga si kecil mau makan dengan porsi yang banyak.

6. Berikan susu yang memiliki nutrisi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: