Kebakaran Lahan di Londerang Ternyata Hanguskan 100 Hektar

Kebakaran Lahan di Londerang Ternyata Hanguskan 100 Hektar

Kebakaran Lahan di Londerang Ternyata Hanguskan 100 Hektar-Yasri Nurhadi-JambiTV

Jambitv.co, MuaroJambi – Kebakaran Lahan di Londerang Ternyata Hanguskan 100 Hektar. Dari hasil perhitungan, luas lahan gambut yang terbakar di Desa Londerang, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, pada 30 oktober 2023 lalu mencapai 100 hektar. 

Sat kebakaran terjadi, Tim Satgas Karhutla berjibaku selama 5 hari memadamkan api di lahan gambut tersebut. Bahkan upaya pemadaman yang dilakukan tidak hanya melalui darat, namun juga menggunakan 2 heli water bombing.

BACA JUGA:5 Hektare Lahan Gambut di Londerang Terbakar, Butuh Waktu 3 Hari Padamkan Api

Sekretaris BPBD Muaro Jambi, Dodi Dorista mengatakan, karena sulitnya medan yang ditempuh, tim juga dibantu 3 unit alat berat berupa ekskavator dari perusahaan. Sementara untuk sumber api masih dalam penyelidikan oleh Tim Satgas.

“Sesuai dari laporan Satgas Karhutla, itu kebakaran di Londerang kurang lebih 100 hektar. Upaya pemadaman memakan waktu kurang lebih 5 hari. Karena sulitnya lokasi titik api dan jauh, maka kami bekerjasama dengan Satgas Karhutla Provinsi dengan melibatkan 2 Heli Water Boombing,” ujar Dodi Dorista, Sekretaris BPBD Muaro Jambi.

BACA JUGA:Sarolangun Dapat Bantuan Rp 10 Miliar Untuk Penanganan Karhutla Dari PBB dan Jepang

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muaro Jambi, kebakaran yang menghanguskan 100 hektare lahan gambut tersebut, merupakan kawasan yang terluas terbakar pada musim kemarau tahun ini. 

Dengan curah hujan yang terus mengguyur wilayah Muaro Jambi, diharapkan kawasan gambut yang mengalami kekeringan dapat kembali terisi air.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id