4 Kandungan Rokok yang Bahayanya Mengerikan Untuk Tubuh

4 Kandungan Rokok yang Bahayanya Mengerikan Untuk Tubuh

4 Kandungan Rokok yang Bahayanya Mengerikan Untuk Tubuh--pixabay

Jambitv.co – Anda masih merokok? Simak artikel 4 Kandungan Rokok yang Bahayanya Mengerikan Untuk Tubuh ini. Saat ini perokok aktif di Indonesia terus meningkat, dapat dilihat dari kalangan remaja yang sudah mayoritasnya menjadi perokok aktif. 

Wakil Mentri Kesehatan Dante Saksono mengatakan, setelah Tiongkok dan India, Indonesia menjadi urutan ketiga terbanyak jumlah perokok aktifnya.

BACA JUGA:Berikut Langkah Penting Mencegah ISPA, Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Oleh karena itu, perlu untuk terus mengingatkan dan memberi edukasi kepada semua orang tentang dampak negatif dari merokok itu sendiri. Baik efek pada diri sendiri maupun kepada orang lain. Walaupun pemerintah juga sudah terus berupaya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat namun tetap saja, perokok aktif terus bertambah banyak. 

Merokok adalah kegiatan yang memiliki efek negatif bukan hanya bagi diri sendiri tetapi bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Kenapa bisa dikatakan seperti itu, karena rokok mengandung zat berbahaya yang dapat memicu dan menimbulkan banyak penyakit mengerikan, seperti kanker dan kerusakan paru-paru.

BACA JUGA:8 Tips Untuk Menjaga kesahatan Mental Mahasiswa di Saat Sibuk Kuliah

Berikut 4 Kandungan Rokok yang Bahayanya Mengerikan Untuk Tubuh

1. Nikotin.

Nikotin adalah senyawa yang bisa membangun konsentrasi dan suasana hati kita menjadi lebih baik. Namun disamping memiliki efek yang baik juga ada efek buruk yang ditimbulkan oleh nikotin, di antaranya memicu kecanduan dan ketergantungan. Inilah yang membuat para perokok sulit untuk berhenti.

2. Tar

Bahan kimia ini memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan dan dapat menimbulkan kanker serta resiko emfisema selain itu juga perpotensi menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

3. Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah asap yang dihasilkan dari rokok yang mengandung gas beracun yang mampu menghentikan aliran darah pada tubuh yang membawa oksigen, sehingga fungsi jantung untuk memompa darah akan berkerja lebih keras agar darah tetap mengalir dengan stabil. Dari hal tersebut dapat minumbulkan resiko penyakit jantung dan stroke.

4. Benzena

Dampak yang terkandung pada zat ini dapat menyebabkan tubuh mengalami Resiko Leukimia atau pun kelainan darah.

Setelah mengetahui dampak dari kandung zat yang ada pada roko untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya jika mencoba dan mengupayakan untuk berhenti merokok. Sehingga kebiasaan yang tidak sehat ini bisa ditinggalkan. Melihat banyak sekali efek yang dihasilkan oleh rokok sehingga ini bisa mengancam kesehatan tubuh, karena resiko terpapar penyakit jauh lebih besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id