Lebih Dari 1.200 Warga Belum Masuk DPT Sarolangun

Lebih Dari 1.200 Warga Belum Masuk DPT Sarolangun

Lebih Dari 1.200 Warga Belum Masuk DPT Sarolangun-Surya Abadi-JambiTV

Jambitv.co, Sarolangun – Berdasarkan data DPT Sarolangun, saat ini lebih 1.200 warga belum masuk sama sekali di DPT Sarolangun. Sesuai data yang diberikan oleh Disdukcapil, 1.200 lebih warga tersebut belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetpakan KPU Sarolangun. 

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Kpu Sarolangun Edi Zamra membenarkan dta tersebut. Dirinya menjelaskan, bagi warga yang belum dalam DPT, akan dimasukan kedalam Daftar Pemilih Khusus atau DPK. 

BACA JUGA:3.183 Orang Dalam DPT Sarolangun Belum Melakukan Perekaman e-KTP

Sementara itu, berdasarkan intruksi terbaru dari KPU RI, bagi para pemilih baik DPT maupun DPK yang pada saat pemilihan belum memiliki E-KTP, maka dapat tetap memilih dengan menggunakan Kartu Keluarga (KK), sesuai dengan alamat TPS tempat warga tersebut melakukan pencoblosan. 

“Kita dapat juga informasi dari KPU RI bahwasanya mereka nantinya yang belum perekaman, selain KTP mereka bisa memilih menggunakan KK,” ujar Edi Zamra, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sarolangun.

BACA JUGA:3 Ribu Lebih DPT Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Selain masalah banyaknya warga yang belum DPT, masalah lainnya juga ditemukan 2.480 warga yang sudah masuk dalam DPT namun belum memiliki KTP Elektronik. Dari total yang sebelumnya ada 4.558  Warga di Sarolangun yang masuk DPT namun belum melakukan perekaman E-Ktp, saat ini tersisa setengahnya.

Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun, Riduan mengatakan sebagian dari data yang belum merekam saat ini merupakan para pemilih pemula. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya bersama KPU Sarolangun akan mengebut penyelesaian target perekaman E-Ktp. 

BACA JUGA:KPU Tetapkan DPT Tebo 262.261 Pemilih

Riduan mengaku saat ini pihaknya telah mengantongi nama-nama warga yang belum melakukan perekaman E-Ktp tersebut, dan akan melakukan ‘jemput bola’ hingga 3 kali dalam satu minggu turun ke setiap kecamatan.

“Jadi kita memiliki data byname byaddres dari KPU, nantinya kita but jadwal turun setiap seminggu itu 3 kali turun,” ujar Riduan, Kadis Disdukcapil Sarolangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id