Dampak Kemarau Panjang, Warga Perdalam Sumur Untuk Mendapat Air Bersih

Dampak Kemarau Panjang, Warga Perdalam Sumur Untuk Mendapat Air Bersih

Warga Perdalam Sumur Untuk Mendapat Air Bersih-yasri-Jambitv

Jambitv.co,  Muaro Jambi - Kirisis air bersih dampak musim kemarau  panjang di wilayah Kabupaten Muaro  Jambi. Membuat Warga di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Rela bertaruh nyawa masuk ke dalam sumur gali, berkedalaman Belasan Meter untuk mendapatkan air bersih. 

Warga terpaksa memperdalam sumur karena sulit mendapatkan air bersih sejak satu Bulan terkahir. Warga menambah lubang baru pada sumur atau melakukan pola penyuntikan sumur menggunakan pipa paralon dititik sumber mata air. Untuk mengetahui sumber mata air, Wargapun harus turun ke sumur dan menguras sisa air di dalamnya. 

Sementara itu, kondisi sumur Bor yang sebelum nya tampak bening, bisa menjadi menguning seperti berkarat dan bau saat diendapkan. Sebagian warga menggunakan air sumur Bor ini untuk keperluan mandi dan mencuci, Sementara untuk kebutuhan air minum dan memasak mereka harus membeli air, dengan merogoh kocek hingga 100 ribu rupiah .

“Kalau bantuan itu kan sudah ada di Nyogan, tapi kalau terlalu antri 1 Rt ya gitu lah Pak, kadang jam 3 malam, ya susah lah,” Kata Asnawi Warga Nyogan.

“Karno di tempat kita sudah susahnyo air bersih karno kito jugo udah jauh mencari paling enggak hampir 1 KM dari sini. Beli itu pak 1 tadmon itu udah  100 ribu rupiah,”Ujar Cahyono Warga Nyogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: