72 Hektare Lahan di Muaro Jambi Sudah Terbakar, Paling Luas di Kumpeh Ulu

72 Hektare Lahan di Muaro Jambi Sudah Terbakar, Paling Luas di Kumpeh Ulu

Puluhan Hektar Lahan di Muaro Jambi terbakar-yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi - Puluhan hektare hutan dan lahan di Muaro Jambi ludes terbakar. Paling banyak terjadi di Kecamatan Kumpeh yang mencapai 21  hektare. Angka tersebut terhitung Januari hingga awal bulan Oktober tahun ini.

Berdasarkan data badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi, tercatat sudah 72,96 luas lahan yang hangus terbakar, yang tersebar di 9 kecamatan. Untuk lahan yang paling luas terjadi di Kecamatan Kumpeh Ulu, mencapai 21 hektare, disusul Kecamatan Maro Sebo 10,1 hektare. Sedangkan 7 kecamatan lainnya masih di bawa 10 hektare.

Sementara untuk titik hotspot yang terpantau dari alat milik bmkg stasiun klimatologi Jambi, mencapai 58 titik. 

Hingga kini puluhan tim satuan tugas kebakaran hutan dan lahan, masih disiagakan 24 jam, mengingat  kebakaran lahan terus terjadi di berbagai kecamatan. Kemudian cuaca panas ekstrem dan kondisi lahan kering, membuat lahan mudah terbakar dan meluas.

Sekretaris BPBD Muaro Jambi Dodi Dorista mengatakan, meski wilayah Muaro Jambi berada pada peralihan musim, status siaga karhutla masih akan berlangsung hingga bulan November mendatang. 

“Untuk saat ini Muaro Jambi masih memang dalam siaga bencana, kemudian juga masih keadaan kabut asap belum ada hujan itu sampai November siaga bencana itu juga saat ini pun kami masih menempatkan posko-posko terutama posko TRC ada tiga yang saya sebutkan kemarin di 3 Kecamatan.”Pungkas Dodi dorista. Sekretaris BPBD Muaro Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: