Gubernur Al Haris Buka Festival Junjung Pusako Desa Tanjung Gagak Sarolangun

Gubernur Al Haris Buka Festival Junjung Pusako Desa Tanjung Gagak Sarolangun

Gubernur Jambi Al Haris-surya-Jambitv

Jambitv.co, Sarolangun - Festifal Junjung Pusako, dalam rangka Kenduri Swarna Bhumi 2023, yang digelar di Desa Tanjung Gagak Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun, pada Rabu Malam 27 September 2023, dibuka langsung oleh Gubernur Jambi Alharis. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, serta Bupati dan Pejabat dari luar Kabupaten. selain itu, kegiatan yang mengangkat kebudayaan ini, juga dihadiri langsung Direktur Pengembangan dan pemanfaatan Kemendikbud RI Irini Dewi Wanti. Serta ribuan masyarakat yang hadir menyaksikan Festifal Junjung Pusako tersebut.

Junjung Pusako sendiri merupakan tradisi masyarakat Desa Tanjung Gagak, untuk menentukan waktu penanaman padi, yang sudah ada sejak jaman nenek moyang dahulu. Dimana nantinya akan melalui prosesi adat, serta mengeluarkan benda benda pusako milik waga desa. 

Gubenur Jambi Alharis mengatakan, kegiatan ini sangat bagus sekali dilakukan, untuk mengingatkan kembali, serta memperkenalkan kepada generasi muda tentang tradisi dan budaya. Dan membangkitkan kembali adat yang mungkin pernah hilang. Gubernur juga berpesan, agar tradisi dan budaya daerah jangan sampai hilang oleh perkembangan zaman saat ini.

“Kita berharap memang sesuatu yang ada di masyarakat yang pernah hilang ini muncul lagi, tadikan ada junjung pusako di wilayah tanjung gagak, tempat lain juga macam - macam yang muncul ini. Inilah yang kita harapkan, jadi jangan sampai semakin majunya zaman nilai budaya malah semakin hilang di mata masyarakat. Ini yang ingin kita sampaikan ada pesan moral di balik ini semuanya,” Kata Al Haris  Gubernur Jambi.

Sementara itu Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Kemendikbud RI serta Gubernur Jambi. Yang telah memilih salah satu budaya di Kabupaten Sarolangun untuk diangkat dan diketahui masyarakat. melalui kegiatan Swarna Bhumi 2023 ini  , diharapkan tradisi dan budaya dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Ibu direktur yang sudah memilih kita punya budaya menjadi salah satu budaya yang di acarakan oleh kementrian pendidikan, ristek dan kebudayaan. Terimaksih banyak bapak gubenur yang telah mempercayai kabupaten sarolangun sebagai tempat Kenduri Suara Bumi pada tahun 2023 untuk provinsi jambi dan sumatera barat,” Ungkap Bachril Bakri Penjabat Bupati Sarolangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: