Beberapa Kegiatan Ibadah Sunnah Yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

Beberapa Kegiatan Ibadah Sunnah Yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

Ibadah Sunnah Pada Hari Jumat--Jambitv

Jambitv.co, Dalam agama Islam, Pada hari Jumat terdapat beberapa kegiatan Ibadah dan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dan merupakan salah satu hari penting dalam Islam. Berikut beberapa kegiatan sunah yang dianjurkan pada hari Jumat:

Shalat Jumat (Salat al-Jumu'ah): Shalat Jumat adalah ibadah wajib bagi laki-laki dewasa Muslim yang dilakukan di masjid atau tempat yang diimami oleh seorang khatib. Bagi perempuan, shalat Jumat bukan wajib, tetapi mereka dapat melakukan shalat Dhuha (shalat sunah pada pagi hari) sebagai pengganti.

Membaca Surah Al-Kahfi: Disunnahkan untuk membaca Surah Al-Kahfi (Surah ke-18 dalam Al-Quran) pada hari Jumat. Bacaan Surah Al-Kahfi dapat dilakukan kapan saja dalam sehari, tetapi dianjurkan pada hari Jumat.

Berwudhu: Disarankan untuk melakukan wudhu (ablusi) sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Wudhu adalah salah satu syarat untuk sahnya shalat.

Mengucapkan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW: Membaca shalawat atau salam kepada Nabi Muhammad SAW adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, terutama pada hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa pun yang membaca shalawat kepadanya pada hari Jumat, Allah akan memberkahi mereka sepuluh kali lipat.

Mendengarkan Khutbah (Khutbah Jumat): Selama shalat Jumat, ada dua khutbah yang diucapkan oleh khatib. Muslim diwajibkan untuk mendengarkan khutbah ini dengan penuh perhatian dan ketenangan. Selama khutbah, khatib biasanya memberikan nasihat dan pengajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Berdoa dan Memohon kepada Allah: hari Jumat dianggap sebagai hari yang penuh berkah, dan saat-saat antara ashar dan maghrib pada hari Jumat dianggap sebagai saat-saat yang mustajab (dikabulkan) untuk berdoa. Disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT, memohon ampun, dan meminta berkah pada hari ini.

Bersedekah: Memberikan sedekah pada hari Jumat juga sangat dianjurkan. Rasulullah SAW mengatakan bahwa memberikan sedekah pada hari Jumat adalah salah satu cara untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Mengenakan Pakaian yang Bersih: Disarankan untuk mengenakan pakaian yang bersih dan harum pada hari Jumat. Ini adalah tanda hormat terhadap shalat Jumat dan merupakan bentuk penyucian diri.

Perlu diingat bahwa menjalankan kegiatan sunah pada hari Jumat adalah cara untuk mendapatkan pahala tambahan dan mendekatkan diri kepada Allah. Selain kegiatan sunah ini, tetap menjalankan ibadah harian, seperti shalat lima waktu dan membaca Al-Quran, juga sangat penting dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim.(Erlinda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: