200 Hektar Lahan Tahura STS Jambi di Kabupaten Batanghari Hangus Terbakar

200 Hektar Lahan Tahura STS Jambi di Kabupaten Batanghari Hangus Terbakar

200 Hektar Lahan Tahura STS Jambi di Kabupaten Batanghari Hangus Terbakar-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co - Batanghari - Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Batanghari, sampai saat ini terus meluas. Bahkan titik api akibat kebakaran lahan ini sudah masuk ke kawasan Taman Hutan Raya atau Tahura Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Bahkan dari total sekitar 15.834 hektar, lebih kurang 200 hektar diantaranya sudah hangus terbakar.

kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari Zamzami, bahwa selama musim kemarau tahun 2023 ini, petugas gabungan kerap menemukan titik api di kawasan lahan Tahura. Bahkan kuat dugaan hamparan lahan milik negara ini sengaja dibakar oleh oknum pelaku perambah, yang melakukan aktivitas akuvasi atau penguasaan lahan tersebut.

“Memang sejak kemarau panjang ini sampai hari ini teman teman di dalam dibantu Manggala Agni, TNI dan Polisi. Teman teman tetap bekerja memadamkan api yang terbakar di tahura. Apinya kami tidak bisa menuduh dari mana, tapi nampaknya  memang dari akuvasi akuvasi masyarakat,” Kata Zamzami Kepala Dinas Lh Batanghari.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Sudah Masuk Ke TNBT, Lebih Dari Sepekan Api Belum Padam

Meski saat ini api sudah dapat dipadamkan, namun Zamzami mengaku cukup kesulitan untuk mencegah aktivitas pembakaran di kawasan tahura ini. Sebab pada saat kejadian, petugas tidak menemukan seorangpun oknum pelaku. Selain itu, kondisi ini juga dipicu karena terbatasnya jumlah personil yang bertugas di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: