Hotspot Meningkat Tajam di September, Jumlah Titik Panas mencapai 1.384 Hotspot

Hotspot Meningkat Tajam di September, Jumlah Titik Panas mencapai 1.384 Hotspot

Upaya Pemadaman Karhutla di Jambi Menggunakan Helikopter Water Boombing-Agustri-JambiTV

Jambitv.co, Jambi – Puncak musim kemarau menjadi salah satu penyumbang terbesar kasus Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi. Dalam catatan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, bulan September terjadi peningkatan temuan titik panas (Hotspot) dalam Provinsi Jambi. Dalam selama 2 pekan terakhir saja, BMKG memantau terjadi 309 hotspot. 

 

Dengan penambahan Hotspot di pertengahan bulan September ini, Jumlah titik panas yang terpantau di Provinsi Jambi sejak Januari sampai saat ini sudah mencapai 1.384 titik. 

 

“Untuk total jumlah hotspot ada 1.384 hotspot, dari Januari sampai dengan sekarang. Kalau di September ada sekitar 309 hotspot. Memang terjadi peningkatan yang tajam pada 1 September kemarin itu mencapai 111 titik panas,” ujar Annis, Koordinator Informasi dan Data BMKG Provinsi Jambi.

 

Annisa menjelaskan, peningkatan hotspot terjadi di 5 Kabupaten, yaitu Tanjung Jabung Barat, Merangin, Sarolangun, Tebo, Batanghari dan Muaro Jambi. Penyebabnya adalah suhu panas yang meningkat, sehingga terjadi kasus kebakaran hutan.

 

“Peningkatan temuan hotspot ini terjadi di beberapa wilayah, seperti Sarolangun, Merangin, Tanjung Jabung Barat dan Batanghari. Karena suhu panas, beberapa hutan terbakar,” pungkasnya.

 

Baca Juga Berita di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: