Pasokan Air Berkurang, Petani Padi Mulai Khawatir Akan Terjadi Kekeringan

Pasokan Air Berkurang, Petani Padi Mulai Khawatir Akan Terjadi Kekeringan

Petani Padi Mulai Khawatir Akan Terjadi Kekeringan -Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Musim Kemarau yang melanda Wilayah Kabupaten Batanghari, membuat Petani Padi khususnya di Muara Bulian. Mulai khawatir akan dampak dari kondisi cuaca saat ini. Sebab kondisi ini tidak menutup kemungkinan akan memicu kekeringan, terhadap lahan persawahan milik Petani yang belum memasuki usia panen.

Seperti yang diungkapkan oleh Imron, seorang petani di Desa Pasar Terusan. kekhawatiran ini dirasakan Imron karena pasokan air di lahan miliknya sudah semakin berkurang. Terlebih karena intensitas curah hujan yang sudah sangat menurun, dan pasokan air pada anak sungai yang biasa dimanfaatkan petani untuk lahan persawahan mereka, juga sudah mulai menyusut.

“Pakai mesin untuk mengambil air dari sungai, kalau tidak dari sungai tidak dapat air. Nunggu hujan lagi, masalahnya lumbung air jauh, belum tentu sawahnya yang dapat. Kalau sawah ditengah tidak ada lumbung airnyo dari batanghari jauh, Untuk sekarang ini kami susah cari airnya,” Ujar imron.

Menurut Imron, selain ancaman kekeringan. Musim Kemarau ini juga akan berdampak terhadap hasil produksi padi milik mereka. sebab biasanya, hasil panen padi mereka akan berkurang hingga mencapai 50 persen. Sehingga pihak pemkab batanghari diminta untuk membantu petani guna mendapatkan pasokan air.

BACA JUGA:Puncak Musim Kemarau, Warga Talang Kerinci Krisis Air Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: