Minimnya Intensitas Hujan, Debit Sungai Batanghari Surut di Bawah Normal

Minimnya Intensitas Hujan, Debit Sungai Batanghari Surut di Bawah Normal

Debit Sungai Batanghari Surut di Bawah Normal-agustri-Jambitv

Jambitv.co, Kota Jambi - Musim kemarau panjang yang melanda kota jambi, membuat air sungai batanghari surut hingga dibawah normal. Bahkan akibat surutnya sungai kini sungai batanghari hanya bisa dilintasi tongkang kecil.

Provinsi Jambi dilanda kemarau panjang, kondisi ini berdampak terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah termasuk Kota Jambi. Minimnya intensitas hujan, menyebabkan debit sungai batanghari terus menyusut  dan kini situasinya sudah dibawah angka normal. 

Pantauan di alat pengukur ketinggian sungai dikawasan ancol. Debit sungai batanghari hanya diangka 8.47 meter, lebih surut dari hari sebelumnya yang berada di angka 8.57 meter. Angka ini jauh dibawah normal 9 meter.

Menurut penjaga pintu air kawasan ancol Kota Jambi Syahruddin. Jika kondisi debit Sungai Batanghari berada dibawah angka normal, maka akan terjadi kesulitan air bagi masyarakat di Kota Jambi, khususnya pengguna sumur. Selain itu , akses kapal tongkang di sungai batanghari juga terhambat dan saat ini kapal tongkang yang besar tidak bisa lagi melintas.

Penyusutan debit sungai batanghari ini telah terjadi dalam beberapa pekan terkahir dan kemungkinan terus surut masih akan terjadi jika tidak ada hujan di hulu sungai.

BACA JUGA:Dampak Musim Kemarau, 1.485 Hektar Sawah Terancam Kekeringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: