Dampak Musim Kemarau, 1.485 Hektar Sawah Terancam Kekeringan

Dampak Musim Kemarau, 1.485 Hektar Sawah Terancam Kekeringan

1.485 Hektar Sawah Terancam Kekeringan -arif-Jambitv

Jambitv.co Tebo - Ribuan hektar padi sawah di kabupaten Tebo terancam kekeringan. Jika kondisi ini berlangsung 2 hingga 3 minggu kedepan. Maka padi sawah akan masuk ke kategori gagal tanam.

Musim kemarau di kabupaten Tebo, sangat berdampak kepada petani padi sawah. Pasalnya ribuan hektar padi mereka terancam kekeringan. Kabid Tanaman Pangan Nanang Suyatno mengatakan, pada periode kedua tanam. Bulan april hingga bulan juni, ada 2.980 hektar padi sawah di tanam, sedangkan yang terancam kekeringan seluas 1.485 hektar.

“Kita berharap ada hujan, tapi kalo sampe 2 atau 3 minggu tidak ada hujan, ada beberapa kemungkinan beberapa wilayah yang butuh air terutama sawah yang ada kemungkinan ya gagal panen. Yang kemungkinan terancam itu seluas 1.485 hektar,” Kata Nanang Suyatno Kabid Tanaman Pangan.

Jika hal ini berlangsung 2 hingga 3 minggu kedepan, bukan tidak mungkin, tanaman padi sawah yang terancam kekeringan, bakal masuk kategori gagal tanam. Dikabupaten Tebo, tanaman padi sawah, mayoritas tadah hujan, sehingga sangat bergantung kepada cuaca.

Meski pemerintah kabupaten Tebo sudah ada memberikan bantuan kepada kelompok tani, berupa mesin pompa air. Namun jumlah bantuan tidak sebanding dengan jumlah kelompok tani yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: