Lomba Pacu Perahu Desa Bajubang Laut Meriahkan Hari Kemerdekaan di Penghujung Agustus

Lomba Pacu Perahu Desa Bajubang Laut Meriahkan Hari Kemerdekaan di Penghujung Agustus

Lomba Pacu Perahu Hut RI ke 78 di Desa Bajubang Laut-Pirdana-jambitv

Jambitv.co, Batanghari – Meski saat ini sudah memasuki penghujung bulan Agustus 2023, namun semarak hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia ke-78 sampai saat ini masih berlangsung di Kabupaten Batanghari. Seperti di Desa Bajubang Laut Kecamatan Muara Bulian, semangat Hari Kemerdekaan ini dimeriahkan masyarakat dengan Lomba Pacu Perahu Tradisional. 

 

Sedikitnya ada sekitar 120 orang peserta tergabung dalam 24 tim yang berpacu dalam lomba tersebut. Ratusan masyarakat setempat pun memadati area perlombaan yang menyambut antusias kegiatan ini. Meksi cuara panas terik, tak menyurutkan rasa keinginan warga untuk menyaksikan langsung perlombaan. 

 

“Untuk peserta semuanya berasal dari Desa Bajubang Laut, yang terdiri dari 24 tim. Untuk perahu yang kami gunakan, adalah perahu tradisional sepanjang 6,5 meter,” ujar Edi Yanto, Kepala Desa Bajubang Laut

 

Lomba Pacu Perahu ini dilaksanakan oleh tokoh masyarakat dan para pemuda desa setempat, untuk mendorong semangat generasi muda dalam melestarikan tradisi ataupun budaya yang ada di desa Bajubang Laut. 

 

Selain pacu perahu, berbagai kegiatan unik dan menarik juga digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Seperti turnamen Tenis Meja dan beragam lomba unik lainnya yang akan berlangsung hingga akhir Agustus tahun 2023 ini. Tingginya antusias masyarakat karena beberapa tahun terakhir, kegiatan hiburan rakyat seperti ini sempat ditiadakan akibat dampak pandemi covid 19 yang melanda Kabupaten Batanghari. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: