Puncak Musim Kemarau Akhir Bulan Agustus Hingga Awal September

Puncak Musim Kemarau Akhir Bulan Agustus Hingga Awal September

Puncak Musim Kemarau Akhir Bulan Agustus Hingga Awal September-arif-Jambitv

Jambitv.co, Tebo -  Pemerintah Kabupaten Tebo telah melakukan perpanjangan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla, hingga beberapa bulan mendatang. Bahkan informasi dari badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Jambi. puncak musim kemarau terjadi pada akhir Bulan Agustus hingga awal Bulan September mendatang.

Dengan kondisi ini masyarakat diminta untuk tetap waspada, dan jangan membuka lahan dengan cara di bakar. Pasalnya masih ditemukan hal tersebut di lapangan.

“Prediksi BMKG Jambi Puncak kemarau atau kering terjadi di akhir Agustus dan awal September. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak menggunakan api bijak dalam pembukaan lahan perkebunan dan dalam pengelolaan hutan. Berdasarkan pantauan di lapangan masih terdapat masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar,” Kata Nafri Junaidi Plt Kalak Bpbd Tebo.

Menurut BPBD, karhutla tahun ini berbeda dengan tahun lalu, pasalnya ada daerah-daerah yang diprediksi tidak masuk ke dalam daerah rawan. Namun pada tahun ini ada daerah yang terbakar, seperti di Kecamatan Rimbo Ulu dan Kecamatan Rimbo Ilir.

Sejauh ini jumlah titik hotspot yang terpantau oleh satelit aqua mencapai 90 lebih. Terhitung dari januari hingga sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: