Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Asal Jakarta Yang Mengalami Cidera saat Mendaki Gunung Kerinci

Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Asal Jakarta Yang Mengalami Cidera saat Mendaki Gunung Kerinci

Tim Sar Gabungan Evakuasi Pendaki Gunung Kerinci-Rudi-Jambitv

Jambitv.co.id - Jambi - Martinus (31) Pendaki Asal Jakarta mengalami Ceiera pada bagian kaki saat mendaki Gunung Kerinci. Diketahui bahwa korban mendaki Gunung Kerinci tersebut bersama rekannya, pada Jumat 18 Agustus 2023.

Menurut keterangan dari Basarnas Jambi, pihaknya mendapatkan informasi itu pada saat hari kejadian. Kemudian Tim SAR Gabungan langsung menuju ke lokasi di Shelter 3 pada siang hari, yang mana pada saat itu sedang hujan ringan.

Saat menuju ke lokasi, perjalanan yang ditempuh Tim SAR Gabungan lebih kurang 10 jam. 

"Waktu sudah sampai di lokasi, kami langsung melakukan penangan awal terhadap korban untuk menstabilkan cedera pada bagian kakinya," kata Komandan Pos SAR Kerinci, Bambang Hermawan, Sabtu (19/8/2023).

Kemudian pada 19/8 dini hari, Tim SAR Gabungan langsung melakukan evakuasi terhadap korban menggunakan tandu. Evakuasi dilakukan dari Shelter 3 menuju ke Posko R10.

"Saat evakuasi dilakukan cuaca di lokasi hujan deras sehingga mengakibatkan jalur cukup licin dan berlumpur," sebut Bambang.

Meski diguyur hujan deras, Tim SAR Gabungan tetap melanjutkan peroses evakuasi. Sehingga pada pukul 10.30 Wib peroses evakuasi korban berhasil sampai ke Posko R10.

"Saat itu korban langsung di bawa ke Puskesmas terdekat dengan menggunakan Ambulance, untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut," ujarnya.

Komandan Pos SAR Kerinci Bambang Hermawan, mengucapkan banyak terimakasih kepada unsur yang terlibat dalam proses evakuasi ini. Adapun tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Kerinci, Balai TNKS, Organsisasi Mapala, dan Warga.

"Semoga Tim SAR Gabungan selalu menjaga kekompakan dalam setiap pelaksanaan operasi SAR," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: