10 Tempat Wisata di Kota Jambi dan Sekitarnya yang Mudah Dijangkau

Senin 24-07-2023,11:16 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Bagi anda yang masih kebingungan mengatur jadwal wisata di Kota Jambi. Berikut artikel 10 tempat wisata di Kota Jambi dan sekitarnya yang mudah dijangkau. Anda perlu memperhatikan jarak tempuh, mengingat objek wisata antar Kabupaten dalam Provinsi Jambi yang memiliki jarak yang cukup jauh.

 

Perlu diketahui, bahwa Provinsi Jambi memiliki 11 Kabupaten/Kota. Hampir disetiap Kabupaten/Kota nya memiliki jarah tempuh yang berjauhan. Misalnya anda saat ini berada di Kota Jambi, untuk menggapai objek wisata yang ada di Sarolangun anda membutuhkan waktu perjalanan darat 5-6 jam. Jika anda memilih berwisata ke Gunung Kerinci dan sekitarnya, maka jarak tempuh dari Kota Jambi ke Kerinci bisa menghabiskan waktu mencapai 12 jam.

 BACA JUGA:Yuk !!! Jalan-Jalan ke Wisata Danau Sipin Kota Jambi

Untuk itu, jika anda memiliki waktu yang terbatas saat berwisata di Kota Jambi. Maka kami merekomendasikan anda berwisata cukup di Kota Jambi dan sekitarnya saja. Berikut urutan 10 tempat wisata yang mudah anda jangkau di Kota Jambi dan sekitarnya :

 

1.        Gentala Arasy,

Wisata yang pertama adalah Gentala Arasy yang terletak di Kelurahan Arab Melayu, kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Disini, anda bisa bersantai bersama teman melihat menara jam setinggi 80 meter. Selain itu, di dalam menaranya terdapat Museum berisi lebih dari 100 koleksi fakta peninggalan sejarah Jambi di masa lalu. Gentala Arasy ini menjadi spesial karena memiliki jembatan gentala yang diperuntukkan khusus untuk pejalan kaki. Anda dapat Melintasi Sungai Batanghari dari kawasan seberang Kota Jambi ke kawasan Komplek Rumah Dinas Gubernur Jambi dan Ancol Jambi. Waktu yang tepat berkunjung kesini yaitu pada sore hari, karena cuaca akan sangat bersahabat untuk bersantai.

 

2.        Ancol

Wisata berikutnya adalah Ancol Jambi. Ancol Jambi adalah nama lain dari Taman Tanggo Rajo yang terletak di tepi Sungai Batanghari, tepatnya di samping Jembatan Gentala Arasy. Ketika malam tiba, kawasan ini ramai dengan para pedagang jagung bakar dan es tebu. Anda bisa menikmatinya sambil memandang sungai di kursi-kursi plastik yang sudah disediakan.

 

3.        Komplek WTC Batanghari

Masih dari kawasan Ancol, anda hanya perlu bergeser sedikit ke perkomplekan WTC Batanghari. Wisata yang satu ini lebih tepatnya disebut wisata belanja. Karena anda dapat berkeliling di Mall terbesar di Jambi dan mencari barang keperluan serta oleh-oleh.

 

4.        Taman Putri Pinang Masak

Tidak Jauh dari kawasan komplek Mall WTC Batanghari, anda dapat berjalan kaki lagi ke sebelahnya   yang saat ini telah dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Putri Pinang Masak. Disini anda dapat mengambil spot foto yang bagus dengan background bangunan khas Jambi. Selain itu, karena posisinya tepat di bibir Sungai Batanghari, pengambilan objek foto pada sore hari akan terlihat lebih indah.

 

5.        Masjid Agung Seribu Tiang

Masjid Agung Seribu Tiang adalah monumen bersejarah Jambi yang juga menjadi ikon wisata masyarakat Provinsi Jambi. Disebut sebagai masjid seribu tiang, karena memang kemegahan masjid ini dibangun dengan seribu tiang tanpa adanya pintu. Jadi suasana masjid selalu dingin dan sangat nyaman untuk beribadah, atau sekedar untuk beristirahat. Jika anda naik mobil dari Taman Putri Pinang Masak, anda hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai ke Masjid Agung Jambi ini.

 

6.        Danau Sipin

Kawasan wisata berikutnya, anda dapat mengunjungi kawasan Danau Sipin Kota Jambi. Lokasinya ada di Kecamatan Danau Sipin. Jika anda bertolak dari Masjid Agung Seribu Tiang, dengan bantuan google map, anda dapat tiba di Danau Sipin dengan jarak tempuh sekitar 15 menit menggunakan Mobil. Di wisata yang satu ini, anda akan melihat banyaknya budidaya ikan seperti kerambah apung oleh masyarakat setempat. Selain itu, juga ada sejumlah wahana bermain air yang disediakan para penggiat usaha di tempat ini. Bahkan untuk urusan makan anda tidak perlu khawatir, karena di pinggiran Danau Sipin, banyak yang menyajikan makanan ringan dan makanan berat khas Jambi yang siap anda santap. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

 

7.        Candi Muaro Jambi

Selanjutnya, anda dapat berwisata ke Objek bersejarah Kawasan Komplek Percandian Muaro Jambi. Objek wisata yang satu ini cukup jauh dari Kota Jambi, diperkirakan anda membutuhkan waktu 60 menit untuk sampai ke lokasi wisata candi. Lokasinya terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Tetapi, anda tidak akan merasa rugi jika berkunjung ke tempat ini, karena banyak sekali bentuk candi yang dapat anda lihat, sebagai destinasi budaya percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara dengan luas 3981 hektar. Candi-candi disini diperkirakan berasal dari abad ke- 7 - 12 M. Candi Muara Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di Pulau Sumatra. Dan saat ini, Kompleks Candi Muaro Jambi telah terdaftar di UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

 

8.        Kampoeng Radja

Rute berikutnya adalah kembali ke Kota Jambi, berwisata penuh dengan permainan di objek wisata Kampoeng Radja. Jika anda bergerak dari kawasan Candi Muaro Jambi, maka anda perlu kembali lagi ke Kota Jambi dengan jarak tempuh sekitar 70 menit. Tetapi jika anda telah berada di Kota Jambi, anda hanya perlu waktu 15-20 menit untuk sampai ke lokasi ini. Di objek wisata Kampoeng Radja ini, anda dapat menikmati sejumlah wahana bermain, Gokart, Mobil Buggi, Jasmine Water Park, paintball, Outbound regular flaying fox, outboand ekstreem flaying foox, Sepeda air, Kiddy land, confoy bus, sepeda layang, Bumper boat, kereta api, Istana balon, Ombang-ambing, kolam pamancingan dan mutar-muter.

 

9.        Tugu Keris

Dari Kampoeng Radja, anda bertolak ke lokasi wisata Taman Tugu Keris Siginjei Kota Jambi. Lokasinya ada di Kecamatan Kotabaru. Dari Kampoeng Radja, anda membutuhkan waktu 30 menit menggunakan mobil/motor untuk sampai ke lokasi ini. Kami menyarankan anda berkunjung pada sore hingga malam hari, karena akan ada banyak lampu eksotis yang hidup pada malam hari. Selain itu, di lokasi wisata ini juga baru akan ramai pada sore sampai malam hari, mengingat dilokasi ini merupakan pusat perkantoran Pemerintahan Kota Jambi. Ada banyak street food yang dapat anda nikmati, ditambah dengan ornamen tugu keris yang menyala, membuat suasananya sangat cocok untuk di abadikan menggunakan kamera.

 

10.    Jambi Paradise

Nah jika anda belum puas mengunjungi 9 wisata sebelumnya, kami kasih satu bonus lokasi wisata yang juga mudah di jangkau dari Kota Jambi. Yaitu objek Wisata Jambi Paradise. Wisata yang satu ini sedikit mirip dengan Kampoeng Radja karena juga menyediakan sejumlah wahana permainan. Namun untuk sampai kesini, anda harus keluar dari Kota Jambi menuju Simpang Acai, Kb. IX, Kec. Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Jika anda bergerak dari Tugu Keris, anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke Jambi Paradise. Disini anda dapat menikmati keindahan taman bunga dengan sejumlah wahan bermain, mulai dari Jembatan Gantung, Flying Fox, Wahana Sepeda Air, Naik Perahu, Balon, Labirin, Motor ATV, Gokart dan Lorong Penuh bunga. Namun tidak gratis, karena mulai dari masuk hingga menikmati setiap wahananya ada harga yang harus anda bayar.

Kategori :

Terpopuler