Tak Dilibatkan Saat Pileg, Pertuni Minta KPU Lakukan Sosialisasi Untuk Pilkada

Kamis 19-09-2024,10:05 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Bahtiar AB

TEBO, JAMBITV.CO - Persatuan Tuna Netra Indonesia atau Pertuni Tebo meminta Kpu Tebo melibatkan mereka dalam Pilkada Tahun 2024. 

Pasalnya, pada Pemilihan Legislatif atau pileg lalu, mereka sama sekali tidak di libatkan oleh KPU, baik sosialisasi pencoblosan maupun calon yang menjadi kontestan.

Saat di Konfirmasi 18 September 2024, Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia atau Pertuni Ahmad Suari mengatakan. Pertuni menunggu Kpu Tebo melibatkannya dalam tahapan, baik sosialisasi, maupun yang lainnya. 

Dirinya juga meminta kepada Kpu, menyediakan kertas huruf timbul atau kertas braile, agar pemilih tuna netra bisa mengetahui calon yang akan di pilihnya.

BACA JUGA:Bawaslu Batanghari Rekrut 540 Pengawas TPS Untuk Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Segini Jumlah Bilik Suara yang Telah Sampai di KPU Sarolangun Untuk Pilkada Serentak 2024 !!!

“Penyuluhan disabilitas itu tidak ada sama sekali, mengenal untuk yang dicoblos untuk tuna netra tidak ada. (kertas khusus) tahun sebelumnya ada tapi tahun kemarin tidak ada. (harapan) ada penyuluhan untuk disabilitas kedepannya pak, sejauh ini belum ada sama sekali, saya menunggu itu,” Ahmad Suari Ketua Pertuni Tebo.

Data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak atau Dinsos P3A Tebo Penyandang Tuna Netra berjumlah 60 orang. 

Namun Dinsos P3A Tebo tidak menejlaskan secara rinci, apakah seluruhnya mempunyai hak pilih atau tidak.

BACA JUGA:Bawaslu Warning Pemda Sarolangun Untuk Selesaikan Masalah E-KTP Jelang Pilkada 27 November 2024

BACA JUGA:KPU Muaro Jambi Petakan Daerah Rawan Pada Pilkada Serentak 2024, Ini Lokasinya!

Kategori :