Film Jambi Sukses, Mendapat Pujian Dari Pembuat Film Terkenal Taiwan

Minggu 15-09-2024,12:57 WIB
Reporter : Mukhtadi Putra Nusa
Editor : Suci Mahayanti

KOTA BHARU, JAMBITV.CO -  Tiga film yang mengangkat budaya dan kearifan lokal Jambi berhasil diputar di Kota Bharu, Malaysia, dan mendapatkan apresiasi antusias dari para penonton.

Pemutaran film ini memunculkan banyak pertanyaan dari penonton yang penasaran, karena film-film tersebut dianggap berbeda dari film pada umumnya.

Hal ini tidak lepas dari cara film tersebut mengangkat isu budaya dan kehidupan lokal masyarakat Jambi, yang jarang dijadikan tema utama dalam perfilman.

BACA JUGA:Tiga Film Asal Jambi Tampil di Pesta Filem Kota Bharu 2024

Berbeda dengan film-film kebanyakan yang mengusung genre horor, sosial, atau lingkungan, tiga film ini lebih fokus pada budaya dan keseimbangan hidup masyarakat Jambi dengan alam. Isu-isu ini rupanya menarik perhatian besar dari penonton, terutama dari mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang kehidupan berkomunitas di Jambi.

 

Filmmaker Taiwan Akui Tertarik dengan Masyarakat Jambi

Salah satu pembuat film terkenal asal Taiwan, Jun, yang hadir dalam pemutaran film tersebut, mengaku sangat tertarik dengan bagaimana komunitas di Jambi berkembang dan hidup berdampingan dengan alam. "Saya sangat tertarik dengan bagaimana masyarakat di Jambi hidup. Mereka memiliki cara hidup yang seimbang dengan alam, dan saya ingin belajar lebih banyak dari komunitas di sana," ujar Jun.

Tidak hanya dari segi tema, para penonton juga memuji kemampuan akting para pemain film yang sebagian besar adalah penduduk lokal Jambi. Menurut Jun, para pemain sangat natural dan berhasil menggambarkan kehidupan masyarakat Jambi dengan apik. "Para pemainnya sangat natural, mereka tampak bahagia dan bangga dengan budaya mereka. Ini yang membuat film ini sangat autentik," lanjutnya.

Selain itu, pemandangan alam Jambi yang ditampilkan dalam film juga menarik perhatian para penonton. Sungai Batanghari, yang merupakan salah satu ikon budaya masyarakat Melayu di Jambi, dipuji karena keunikannya. "Sungai Batanghari sangat menarik, terutama karena masyarakat Melayu di Jambi memiliki hubungan yang erat dengan sungai ini. Kehidupan mereka tak bisa dilepaskan dari sungai," tandas Jun.

Kategori :