10 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi Rawan Karhutla

Kamis 08-08-2024,09:19 WIB
Reporter : Nur Pehatul Jannah
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Jambi - 10 kabupaten kota di Provinsi Jambi ditetapkan sebagai wilayah rawan karhutla. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 8 wilayah. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi, menambah 2 wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini, yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. 

BACA JUGA:Kebakaran Stockpile Batu Bara PT BBI di Sungai Gelam Sudah 1 Minggu, Satgas Karhutla Belum Berhasil Padamkan

Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Provinsi Jambi Andre Eko Rinjani mengatakan, dua wilayah ini ditetapkan sebagai daerah rawan, karena tahun lalu terdapat sejumlah kebakaran hutan dan lahan di kawasan tersebut, sehingga memerlukan perhatian khusus. 

Dengan adanya penambahan dua wilayah ini, total keseluruhan rawan karhutla di Provinsi Jambi sebanyak 10 kabupaten kota. 

BACA JUGA:Hingga Awal Agustus, 58 Titik Hotspot Terpantau di Kabupaten Tebo

“Kalau tahun lalu ada 8 daerah rawan karhutla, tahun ini ada 10 kabupaten kota jambi kita tetapkan sebagai wilayah rawan karhutla. Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang tidak kita anggap rawan, ternyata tahun lalu terjadi beberapa kasus kebakaran. Sebagai langkah upaya antisipasi karhutla, makanya kita tetapkan 10 kabupaten kota sebagai daerah rawan karhutla,” jelas Andre. 

BACA JUGA:Lahan Kosong di Tanjung Sari Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Puntung Rokok

Sejauh ini BPBD Provinsi Jambi terus melakukan upaya pengawasan dan penanganan karhutla secara maksimal. Salah satunya dengan mengerahkan helikopter patroli dan helikopter water bombing, untuk melakukan pemadaman.

Kategori :