Karhutla Terjadi Di Sarolangun, Puluhan Hektar Lahan Terbakar, Petugas Sudah Memasuki Hari Ketiga Pemadaman

Rabu 24-07-2024,10:01 WIB
Reporter : Surya Abadi
Editor : Surya Abadi

Jambitv.co, Kabupaten Sarolangun – kebakaran hutan dan lahan terjadi di kabupaten sarolangun, kebakaran sendiri membuat petugas gabungan dari Manggala Agni dan lainnya sudah memasuki hari ketiga pemadaman, di mana berdasarkan laporan yang di sampaikan saat ini ada lebih kurang 40 hektar lahan yang sudah terbakar.

Saat di konfirmasi Selasa malam,(23/07). kepala Manggala Agni Daops Sumatera XIII / Sarolangun, M.Hakim mengatakan, bahwa saat karhutla tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Air Hitam, Desa Lubuk Kepayang. Lahan yang terbakar sendiri merupakan semak belukar kebun sawit yang tak lagi ter urus, dan masuk dalam katagori lahan gambut, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan pemadaman.

“Kejadian di Desa Lubuk Kepayang, kecamatan Air Hitam, untuk lahan yang terbakar itu semak belukar nampaknya bekas kebun sawit yang dak di rawat lagi di tambah jenis lahan adalah lahan gambut.”ungkap M.Hakim.

Sementara itu M. Hakim juga menjelaskan dalam melakukan pemadaman sendiri, pihaknya saat ini kerap terkendala dengan arah angin yang berubah – ubah, di tambah spot spot api terpisah pisah, sehingga saat ini selain melakukan pemadaman pihaknya juga melakukan penyekatan kepala api untuk melokalisir penjalaran api.

“Kendala kita kadang arah angin yang kerap berubah ubah, di tambah spot spot api terpisah pisah. Selain terus melakukan pemadaman kami juga lakukan penyekatan kepala api agar tidak terus melebar.” Tambahnya.

 

Kategori :