4 Kecamatan di Batanghari Rawan Karhutla, Karena Ada Lahan Gambut Dangkal

Kamis 04-07-2024,10:16 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Berbagai langkah antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan atau karhutla. Saat ini mulai dilakukan oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari. Guna menghadapi musim kemarau. Salah satunya melakukan pemetaan terhadap wilayah yang berpotensi terjadinya karhutla. 

Dari hasil pemetaan sementara, BPBD Kabupaten Batanghari mencatat. Ada 4 dari 8 kecamatan yang dianggap berpotensi atau Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan, karena terdapat lahan gambut dangkal.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024,Kasus Karhutla diMuaro Jambi Capai 10 Hektare

Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari Syamral Lubis mengungkapkan. Lahan gambut dangkal itu berada di kecamatan Muara Bulian, Pemayung, Bathin 24 dan Kecamatan Mersam. Sehingga dianggap rawan atau berpotensi karhutla saat dilanda musim kemarau. Pemetaan ini berdasarkan potensi kasus kebakaran yang terjadi di tahun lalu.

“Gambut kita disini gambut dangkal ya, tapi dalam pemetaan ini belum kita buat sebelum tim ini dibentuk, kalau sudah dibentuk nanti akan kita rangkum kembali kita akan rekapitulasi kembali sesuai dengan temuan lapangan karena tahun kemarin sesuai prediksi ada di 4 kecamatan yang berpotensi ada gambut dangkal seperti pemayung, muara bulian, bathin 24 dan Mersam,” Kata Syamral Lubis Sekretaris BPBD Batanghari.

BPBD akan kembali melakukan upaya pemetaan terhadap wilayah yang dianggap rawan, atau berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Sebab selain lahan gambut dangkal, kasus karhutla berpotensi terjadi di kabupaten batanghari. Juga karena kebiasaan aktivitas masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar.

BACA JUGA:7 Kecamatan di Muaro Jambi Berpotensi Karhutla

Kategori :