Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi Untuk Berbuka Puasa, Ini Bahan-bahannya!!!

Sabtu 23-03-2024,10:39 WIB
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Kota Jambi - Gulai Tepek Ikan salah satu makanan khas jambi yang sangat nikmat untuk menjadi menu berbuka puasa. Dengan olahan utama daging ikan giling segar, gulai tepek dapat disajikan bersama nasi putih maupun nasi minyak.

Salah satu makanan Khas Jambi Gulai Tepek Ikan, selalu menjadi primadona di bulan puasa. Khususnya bagi Warga Seberang Kota Jambi. 

Untuk membuat gulai tepek, bahan-bahan yang diperlukan adalah bumbu rempah-rempah, cabai merah. Bawang merah, Bawang Putih, Ketumbar, Telur, Bumbu Langko, sedikit penyedap rasa dan nanas. Sementara itu, untuk bahan utamanya adalah daging ikan yang sudah dihaluskan.

BACA JUGA:Mengenal Gulai Tekuyung Kuliner Tradisional Khas Sarolangun dan Merangin, Berikut Bahan dan Cara Membuatnya!!!

Hampir sama dengan membuat pempek, bahan ikan yang sudah dihaluskan diaduk  rata dengan bumbu yang telah disiapkan. Kemudian dicampur dengan tepung hingga rata. Dan  dicetak berbentuk persegi empat. 

Selanjutnya cetakan tepek di rebus hingga matang, setelah matang tepek kemudian di dinginkan lalu dipotong potong. Untuk ukuran dapat disesuaikan dengan keinginan.

Sebelum disajikan, bumbu gulai seperti rempah-rempah, cabai merah, bawang merah, bawang putih bumbu langko, dan sedikit penyedap rasa tadi di tumis menggunakan api sedang. Dan kemudian ditambah santan. Setelah masak, lalu potongan tepek yang sudah dipotong-potong dimasukan bersama potongan nanas ke dalam kuah gulai, gulai tepek pun siap dinikmati.

BACA JUGA:Masyarakat Gelar Pasar Paduko di Candi Muaro Jambi, Menyajikan Beragam Kuliner Tradisional

“Bahannya ikan, sudah itu sagu sudah tu pakai telur, garam, pakai penyedap, cabai, laos, bawang merah bawang putih, kunyit, sreh, merica. Kasih pala sedikit, kasih kulit manis sedikit, sudah itu kasih cengkeh sedikit,” Kata Anisa Pembuat Kuliner Gulai Tepek.

Menu gulai tepek ini sangat nikmat saat dikonsumsi dengan menggunakan nasi panas. Bagi masyarakat yang ingin memesan gulai tepek dapat mendatangi kuliner anisa yang berada di Rt 03 Kelurahan Rajawali Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi.

BACA JUGA:Menyelami Warisan Kuliner Nusantara

Kategori :