4 Daerah Status Tanggap Darurat Banjir, 3 Daerah Lainnya Tetapkan Siaga Darurat Banjir

Selasa 09-01-2024,08:17 WIB
Reporter : Nur Pehatul Jannah
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Jambi - Pasca 4 daerah berstatus tanggap darurat banjir, kini 3 daerah lainnya di Provinsi Jambi ditetapkan siaga darurat banjir. Di antaranya Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjab Barat, dan Kabupaten Muaro Jambi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, memaparkan bahwa 3 daerah di wilayah Provinsi Jambi sudah menetapkan siaga darurat bencana banjir. Di antaranya Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Muaro Jambi. 

BACA JUGA:Batanghari Siaga Bencana Banjir, BPBD Akan Siagakan Posko Disetiap Kecamatan

Langkah ini di ambil usai 4 wilayah lainnya telah berstatus tanggap darurat atau sudah dilanda banjir,  seperti di Kabupaten Bungo, Tebo, Kerinci dan Sungai Penuh. Adapun status siaga ini akan berakhir pada Februari mendatang sesuai dengan prediksi cuaca atau curah hujan dari BMKG wilayah Jambi.

BACA JUGA:Pemkab Batanghari Tetapkan Status Siaga Bencana Banjir

“Yang siaga itu Batanghari, Tanjab Barat, dan Muaro Jambi. Status ini sampai Februari, nanti berdasarkan prediksi dari BMKG kalau situasi curah hujan sudah dibawah 100 mm/detik, baru kita hentikan,” kata Bachyuni.

BACA JUGA:Terus Diguyur Hujan, Bpbd Tebo Naikkan Status Jadi Siaga Darurat Banjir dan Longsor

Kemudian terkait bencana banjir yang telah terjadi, BPBD sudah memberikan bantuan kepada Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh, berupa sejumlah peralatan, makanan siap saji, perahu, tenda, dan dana operasional. Sementara Kabupaten Bungo dan Tebo akan menyusul. 

Kategori :