Terus Diguyur Hujan, Bpbd Tebo Naikkan Status Jadi Siaga Darurat Banjir dan Longsor

Jumat 05-01-2024,10:07 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Tebo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tebo, menaikkan status siaga banjir, menjadi siaga darurat banjir dan longsor. Status ini di naikkan karena Tebo masih di guyur hujan, dan pintu bendungan batanghari di Dhamasraya dibuka.

Bpbd Kabupaten Tebo, telah menaiikan status siaga banjir ke Status Darurat Banjir dan Longsor. Bahkan BPBD telah mendirikan posko utama di halaman Rumah Dinas Bupati Tebo. 

Sekretaris bpbd kabupaten tebo roni mengatakan, posko lainnya juga telah didirikan di beberapa tempat. Bahkan ada juga dapur umum di Desa Punti Kalo.

BACA JUGA:Turun ke Lokasi Banjir di Tebo, Gubernur Jambi Al Haris Bantu Evakuasi Lansia

Status di naikan karena saat ini Kabupaten Tebo berada di musim penghujan menurut informasi dari bmkg jambi. Bukan hanya itu, pintu bendungan batanghari  yang berada di Kabupaten Dhamasraya pun telah di buka. Sehingga membuat debit air batanghari akan meningkat dengan signifikan.

“Informasi terakhir yah, kawan kawan menyampaikan, kita juga sudah berkoordinasi dengan petugas pintu air di Dhamasraya balai wilayah sungai sumatera 6 ya, itu pintu airnya sudah mulai diangkat, artinya jika sudah mulai diangkat maka volume air yang menuju ke kabupaten tebo itu akan lebih tinggi,” Kata Roni Sekretaris bpbd kabupaten tebo.

Bpbd Tebo masih melakukan pendataan jumlah kepala keluarga atau kk yang terdampak banjir. Pasalnya data ini selalu berubah, karena debit air sungai batanghari dengan cepat naik dan merendam pemukiman warga. Terutama pemukiman di bantaran sungai batanghari semuanya sudah terendam dengan ketinggian bervariasi.

BACA JUGA:Dampak Banjir dan Longsor di Sungai Penuh, Harga Cabai Merah dan Ayam Melonjak Naik

Kategori :