Banjir di 5 Desa Kabupaten Muaro Jambi, Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum Terendam

Jumat 05-01-2024,09:54 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Muaro Jambi - Tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, membuat debit air Sungai Batanghari meluap. Dan membuat sejumlah Desa di Muaro Jambi terendam banjir.

Berdasarkan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Muaro Jambi. Pada Awal Tahun 2024 ini terdapat 5 Desa di 3 kecamatan sudah dilanda banjir. Seperti di Desa Rondang Kecamatan Kumpeh  ada 24 rumah yang terendam banjir. 

Tak hanya merendam rumah dan fasilitas umum, banjir juga menerjang ruas jalan sehingga sulit dilalui kendaraan. Dan warga terpaksa menggunakan perahu untuk beraktivitas. 

BACA JUGA:600 KK di Dua Desa di Kecamatan Maro Sebo Ulu Terdampak Bencana Banjir

Nurdin warga desa rondang mengatakan, banjir ini telah terjadi sejak satu minggu yang lalu. Mereka berharap ada bantuan dan perhatian pemerintah untuk mengatasi situasi yang semakin memburuk, karena mayoritas masyarakat petani.

“Banjir yang terjadi lebih kurang satu minggu lebih kurang 24 rumah terendam. Tapi kalau untuk sekarang bertambah terus, kalau disini pak kadang kadang tu banjir tu melampau tinggi 3 meter sampai 4 meter,” Kata Nurdin Warga Rondang. 

Sementara PLT Kalaksa Bpbd Muaro Jambi Alias mengatakan, di Kecamatan Kumpeh terdapat dua desa yang terendam, yakni desa londrang dan rondang. Kemudian Kecamatan Taman Rajo Dua Desa. Yakni Desa Sekumbung dan Manis Mato, terakhir di Kecamatan Jambi Luar Kota yakni Desa Mendalo Laut. 

BACA JUGA:Dampak Banjir dan Longsor di Sungai Penuh, Harga Cabai Merah dan Ayam Melonjak Naik

Sejauh ini baru 2 desa yang terdata jumlah rumah warga yang terdampak banjir. Yakni Desa Rondang 24 rumah dan Desa Londrang 1 rumah. Sementara 3 desa lainnya masih ditelusuri oleh tim reaksi cepat yang telah disiagakan.

“Untuk desa di kabupaten muaro jambi seperti yang dapat kami laporkan bahwa, sekarang sudah berada di tiga kecamatan dengan sebaran di kecamatan kumpeh dua desa, desa londrang dan rondang, di desa londrang satu rumah, kemudian di desa rondang 24 rumah. Kemudian di kecamatan taman rajo itu dua desa yaitu di Desa Sekumbung dan Manis Mato, dan di kecamatan jambi luar kota desa mendalo laut,” Alias Plt Kalaksa Bpbd Muaro Jambi.

Banjir yang menerjang 5 desa tersebut, akibat luapan Air Sungai Batanghari. Bpbd memprediksi, jumlah desa dan rumah yang dilanda banjir akan terus bertambah. Seiring dengan kondisi luapan air dari hulu sungai.

BACA JUGA:Pj Walikota Jambi Siapkan Langkah Penanganan dan Tempat Evakuasi Korban Banjir

 

Kategori :