Desember Diprediksi Jadi Puncak Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada Banjir dan Longsor

Kamis 23-11-2023,09:58 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Jambi - BMKG Jambi memprediksi puncak musim hujan di Provinsi Jambi terjadi pada Desember mendatang. Selain itu musim hujan sendiri juga diprediksi akan berlangsung hingga bulan April mendatang. 

Saat ini, seluruh kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi sudah memasuki musim penghujan sejak awal bulan November lalu. Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Jambi memprediksi puncak musim hujan di Kabupaten Muaro Jambi akan terjadi pada bulan Desember mendatang. 

BACA JUGA:Memasuki Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Muaro Jambi Waspada Banjir dan Angin Kencang

“Intensitas hujan secara umum nanti diprediksi ada di 200 hingga 300 mm secara umum. Namun nanti ada di spot-spot khusus, seperti di bagian utara, Muaro Jambi akan lebih tinggi biasanya,” kata Arif Ma’Rufi, Senior Forecaster BMKG Stasiun Klimatologi Jambi

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai peningkatan intensitas curah hujan pada puncak musim hujan. Senior forecaster BMKG Stasiun Klimatologi Jambi Arif Ma’Rufi mengatakan, puncak musim hujan akan terjadi secara merata di seluruh wilayah dalam Kabupaten Muaro Jambi. Masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri dengan potensi bencana banjir dan tanah longsor. 

BACA JUGA:Waspada Banjir dan Angin Puting Beliung di Bungo, Peralihan Musim Penghujan

Edukasi tentang pencegahan dan mengurangi resiko bencana kepada masyarakat sangat penting dilakukan, agar musim penghujan di tahun ini tidak memakan korban jiwa. Arif Ma’Rufi  menjelaskan,  secara umum musim hujan di Muaro Jambi akan berakhir di bulan April. Namun untuk kepastian akhir musim hujan, akan disampaikan secara rismi pada bulan Maret 2024.

Kategori :