31 Warga Sarolangun Terpapar HIV/AIDS, 2 Orang Diantaranya Meninggal Dunia

Jumat 10-11-2023,09:39 WIB
Reporter : Surya Abadi
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Sarolangun - Kasus HIV/AIDS perlu diwaspadai di Kabupaten Sarolangun. Pasalnya berdasarkan data dari Dinas Kesehatan , per November 2023, tercatat ada 29 orang warga Sarolagun yang terpapar penyakit HIV/AIDS.

Kasus HIV AIDS turut menjadi perhatian pemerintah daerah Sarolangun khususnya Dinas Kesehatan. Kabid P2P Dinkes Sarolangun Harta Saputra mengungkapkan, hingga November 2023 ini setidaknya ada 29 orang warga Sarolangun yang terpapar penyakit HIV AIDS.

BACA JUGA:Penderita HIV/AIDS di Batanghari Bertambah Jadi 81 Orang

“Jadi begini, untuk  data dari Dinas Kesehatan untuk kasus positif HIV AIDS ada 31 orang. Tapi baru minggu kemarin ada meninggal 2 orang, berarti sekarang ada 29 orang,” ujar Harta Saputra, Kabid P2P Dinkes Sarolangun.

Saat ini Dinkes masih kesulitan menyetop mata rantai penularan kasus HIV tersebut. Pasalnya penularan terjadi dan berasal dari luar daerah Sarolangun, pasca warga tersebut bekerja di luar daerah. Belum lagi adanya seks bebas yang saat ini mulai merebak di Sarolangun. 

BACA JUGA:Jumlah Penderita HIV/AIDS di Tebo Bertambah, Dua Orang Meninggal Dunia

Kemudian penderita HIV biasanya rata-rata enggan dan malu memeriksakan diri, sehingga penanganan yang dilakukan kerap terlambat. Dinkes juga menyebutkan, penyimpangan seksual seperti suka sesama jenis juga menjadi penunjang penyebaran dari HIV AIDS.

Kategori :