Pasca Diguyur Hujan, Kabut Asap Hilang dan Cuaca Semakin Cerah

Rabu 25-10-2023,11:10 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Setelah beberapa hari terakhir diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kualitas udara di kabupaten Batanghari saat ini sudah membaik dan cuaca semakin cerah. 

 

Dalam beberapa hari terakhir, atau sejak kamis pekan lalu. Kabupaten Batanghari kerap diguyur hujan dengan intenstas sedang hingga lebat. Membuat kualitas udara yang sebelumya tercemar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, kini sudah semakin cerah atau membaik.

 

Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten Batanghari Zamzami mengatakan, kondisi tersebut tidak hanya terpantau secara kasat mata, akan tetapi juga berdasarkan nilai indeks standar pencemaran udara atau ispu. Sebab dari hasil pantauan, nilai ispu sudah turun di angka 73 atau kategori sedang. Angka ini menurun drastis dan sudah mendekati kategori baik.

BACA JUGA:Kota Jambi Hujan, Kabut Asap Jambi Mulai Hilang

“Karena Alhamdulilah dari mulai hari kamis kita mulai di guyur hujan dan jum’at juga diguyur hujan, sabtu hujan ada tapi tidak merata.  Hari minggu Alhamdulillah Batanghari turun hujan  saya rasa ini merata hujannya, membuat drastis ispu menjadi baik yaitu 73,” Kata Zamzami Kepala Dinas LH Batanghari.   

Zamzami meyakini, jika kasus kebakaran hutan dan lahan semakin berkurang, dan kabupaten Batanghari masih terus diguyur hujan. Maka kualitas udara akan kembali normal, atau terbebas dari pencemaran kabut asap. Sementara untuk memastikan kondisi ini,  dinas lingkung hidup akan kembali memantau kualitas udara melalui nilai ispu.

BACA JUGA:Meski Sudah Turun Hujan, Siaga Karhutla di Jambi Akan Diperpanjang, Ini Penyebabnya!!

Kategori :