Kabut Asap Jambi Menebal, Jarak Pandang di Kabupaten Tebo Terbatas

Rabu 18-10-2023,11:20 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Tebo - Kabut asap jambi semakin menebal, hal ini terlihat di Kabupaten Tebo pada Selasa 17 Oktober 2023. Kabupaten Tebo kembali diselimuti kabut asap. Kabut asap yang menebal di Kabupaten Tebo ini sudah berdampak pada jarak pandang yang terbatas. Dimana jarak diperkirakan hanya berkisar 1 KM saja. 

Saat di konfirmasi, Sekretaris BPBD Kabupaten Tebo A Roni menyebut. Jika kejadian kabut asap Jambi yang menyelimuti Kabupaten Tebo pada selasa pagi lebih tebal dari biasanya. 

Roni mengatakan, kabut asap Jambi ini bukan hanya berasal dari Tebo saja, namun ada juga dari kabupaten tetangga, seperti Batanghari dan Merangin. Pasalnya beberapa hari lalu, di dua kabupaten tersebut ditemukan hotspot dalam jumlah banyak, ditambah hembusan angin membuat asap terbawa hingga ke Kabupaten Tebo.

“Ada kemungkinan, ada kemungkinan dua tiga hari belakangan yang dominan hotspot itu ada di Merangin dan Batanghari. Jadi ada kemungkinan kabut asap yang sampai di kita ini efek dari dua kebakaran di dua kabupaten ini. Karna kalo di Tebo itu per kemaren itu hanya ada  7 titik  dengan keapian sedang,” Kata A Roni Sekretaris Bpbd Kabupaten Tebo.

BACA JUGA:Kabut Asap Jambi Pagi ini 18 Oktober 2023 Makin Pekat, Walikota Fasha Liburkan Sekolah

Sementara itu, data dari sipongi jumlah titik panas yang muncul di Kabupaten Tebo kemarin, berjumlah 7 hotspot dengan keyakinan sedang. BPBD Kabupaten Tebo dan Tim Satgas Karhutla terus memberikan edukasi ke masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar. Karena saat ini, Kabupaten Tebo sedang menghadapi musim kemarau, sehingga rentan terjadi kebakaran lahan.

Sementara itu, kabut asap jambi pada rabu 18 Oktober 2023 juga semakin pekat. Bahkan pemerintah Kota Jambi sudah mengeluarkan surat edaran, Agar proses belajar mengajar siswa kembali dilaksanakan dnegan jarak jauh. Mulai dari tanggal 18 sampai 21 Oktober.

Kabut asap Jambi saat ini, tidak terlepas dari dampak kebakaran hutan dan lahan. Yang masih marak terjadi di Provinsi Jambi. Karhutla tidak hanya terjadi di jambi saja, namun juga terjadi di Provinsi tetangga.

BACA JUGA:Pemerintah Akan Kembali Upayakan Hujan Buatan Untuk Atasi Kabut Asap Jambi

Kategori :