Kebun Karet di Belakang Kantor Desa Sungai Alai Terbakar

Senin 02-10-2023,07:55 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Tebo – Kebun karet yang terletak di belakang Kantor Desa Sungai Alay, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, terbakar pada Sabtu Sore 30 September 2023. Lokasi kebakaran ini juga sangat berdekatan dengan SDN 207.

 

Kondisi kebakaran kebun karet ini, api dengan cepat melahap seluruh daun kebun karet yang kering . Salah seorang warga setempat, Hendri mengatakan, setelah memastikan titik api warga langsung menghubungi tim Satgas Karhutla Tebo untuk membantu proses pemadaman. 

 

Hendri mengatakan, api muncul diperkirakan pada pukul 2 siang. Namun, tidak diketahui pasti sumber api datang dari mana karena ketika di cek  api sudah membesar di kebun karet. Tim satgas karhutla yang datang ke lokasi, langsung masuk ke dalam kawasan sekolah untuk mencegah api merambat ke bangunan sekolah. 

 

“Penyebabnya dak tahu pak, ini lahan karet yang terbakar,” ujar Hendri.

 

Upaya pemadaman membutuhkan waktu yang cukup lama mencapai 2 jam. Sedangkan untuk untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 1,5 hektar. 

 

“Diperkirakan yang terbakar mencapai sehektar setengah,” pungkas Hendri.

 

Dalam pemadaman ini, warga juga turut membantu Tim Satgas Karhutla. Tim Satgas Karhutla Tebo menghimbau, agar selalu waspada dengan potensi kebakaraan di saat musim kering saat ini. 

 

Kategori :