Kualitas Udara Tidak Sehat, Bupati Mhd. Fadhil Arief : Karena Kiriman Asap Dari Daerah Lain

Sabtu 09-09-2023,07:57 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Buruknya kualitas udara di Kabupaten Batanghari, yang saat ini telah dinyatakan dalam kondisi tidak sehat. Menurut Bupati Muhammad Fadhil Arief dipicu karena imbas kiriman asap dari kasus Kebakaran Hutan dan Lahan yang masih melanda berbagai daerah di Provinsi Jambi. 

“Sudah tidak sehat ya. Karena kita tau bahwa dapat kiriman asap dari daerah lain, dan Alhamdulillah sudah ada turun hujan. Mudah-mudahan akan sedikit membaik,” ujarnya, Kamis (07/09/2023).

Sementara, berdasarkan laporan data yang diterima Bupati dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, titik api di wilayah Kabupaten Batanghari akhir-akhir ini sudah cenderung nihil.

“Menurut laporan Kepala BPBD sudah tidak ada lagi. Mungkin kalaupun ada titik Hotspot, itu bukan berasal dari titik api kebakaran. Tapi walaupun diluar kuasa kita seperti kiriman asap tadi, orang Batanghari tetap juga jangan lagi ada yang membakar hutan dan lahan,” tegas Bupati.

Meski demikian, orang nomor satu di Bumi Serentak Bak Regam ini tetap menghimbau seluruh masyarakat di daerah setempat untuk mengantisipasi munculnya berbagai penyakit akibat kabut asap yang mulai menyelimuti Batanghari.

“Kita himbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah yang tidak perlu. Kemudian kalau merasa mengalami gejala ataupun terkena penyakit ISPA, segera datang ke Pusat Pelayanan Kesehatan, karena sudah kita siapkan tenaganya,”jelasnya.

Kategori :