Jambitv.co, Jambi – Venia Zaime, menjadi seorang Influencer Jambi yang sedang naik daun, berkat kegigihannya menekuni dunia media sosial di bidang Food and Lifestyle. Konten-konten menarik yang dibuatnya sendiri, mendapat banyak apresiasi dari para netizen. So,, wajar saja, dalam waktu singkat, Venia Zaime sudah memiliki belasan ribu follower di Instagramnya.
Awalnya, Venia Zaime konsen karir di bidang Make-up artis sejak tahun 2013. Bahkan setelah lulus dari SMA, Venia langsung mengambil study ke Jakarta dan London. Ketertarikannya pada dunia Makeup ini membuat Venia pernah berkolaborasi melakukan demo makeup with Pixy cosmetic. Berbekal pengalamannya 10 tahun menjadi makeup artist, Venia Zaime lahir sebagai makeup artist profesional, bahkan masih aktif menjadi Makeup Artist untuk para pasangan yang ingin menikah.
Wanita cantik dengan perawakan lincah dan menyukai hal-hal baru yang menarik ini, akhirnya mulai menggeluti dunia Media Sosial sejak tahun 2021. Karena kesukaannya mencicipi kuliner jalanan alias kaki lima, akhirnya Venia terinspirasi untuk membantu para pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produknya. Venia sendiri mengawalinya hanya dengan memposting beberapa foto saat menyantap kuliner, namun ternyata, respon dari warga net sangat positif dan banyak yang menjadi “ngiler” dibuatnya.
Tertarik dengan perkembangan itu, Venia pun akhirnya belajar membuat konten video dengan Handphone. Terus belajar secara otodidak, membuat akun Instagram dan Akun Tiktok nya dipenuhi dengan Reels tentang kuliner UMKM. Kerja kerasnya tak sia-sia, nama Venia Zaime semakin naik daun, dikenal sebagai Influencer Food Vlogger yang unik dan kreatif.
Dan yang membuatnya semakin bahagia menjadi Influencer, Venia akhirnya mendapat kerjasama dengan sejumlah Brand Besar seperti McDonald’s, Yoshinoya, Grab dan lainnya. Bahkan tidak hanya urusan kuliner, Venia juga pernah bekerjasama dengan klinik kecantikan Bening Skin, Hotel BW Luxury dan Yello Hotel, yang membuat namanya semakin melejit di media sosial. Pamungkasnya, Venia juga pernah bekerja sama dengan brand-brand di Jakarta. Seperti Thai SELECT yang merupakan tanda sertifikasi yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan, Pemerintah Kerajaan Thailand, untuk restoran Jittlada dan Tamnak Thai di Jakarta.
“Fokusnya sekarang sih konten Food & Lifestyle. Namun, kedepan saya menyiapkan beberapa konten-konten menarik lainnya yang dapat dinikmati para netizen,” ujar gadis yang tampil manis ini.
Kenapa Memilih Terjun di Dunia Media Sosial sebagai Influencer ?
Menurut Venia, Media Sosial ini unik dan canggih, karena dapat memudahkan orang-orang untuk melakukan sosialisasi atau berhubungan dengan orang lain secara online. Sebagai influencer, menjadi sangat mudah baginya untuk mempromosikan dan merekomendasikan kuliner dan produk-produk terbaik untuk para konsumen.
“Saat ini semua menggunakan digital dan sangat gampang menjangkau orang-orang di seluruh Indonesia. Kemudian juga bisa membangun interaksi dengan followers, bahkan bisa meningkatkan penjualan produk. Kita bisa memperluas pertemanan, bisa belajar banyak hal dengan saling bertukar pikiran di Medsos,” papar Venia.
Namun Venia menekankan, tidak semua kuliner mau dia promosikan. Ada standart khusus yang menjadi perhatian gadis dengan kulit putih bersih ini. Pertama, dilihat dari keunikan makanan tersebut dan harus melakukan test food dulu. Jika rasanya benar-benar enak dan cocok untuk direkomendasikan, barulah Venia membuatkan video kontennya.
Disisi lain, ada beberapa hal juga yang menjadi perhatian Venia, Terutama kebersihan makanan dan rasa makanan. Menurut Venia, Makanan atau Restaurant akan menjadi menarik untuk dibuat konten jika memiliki keunikan tersendiri, apalagi belum ada di Kota tersebut dan juga mengikuti trend kuliner yang lagi viral saat ini.
“Yuk Kita Hap Hap’ dan Selamat Mencoba,” tagline khas yang dimiliki Venia Zaime dalam setiap kontennya.
Sebagai seorang Influencer, Venia menyadari pentingnya berinteraksi dengan para Follower dan Viewer nya. Maka dari itu, Venia rajin menjawab pertanyaan dari para netizen. Bahkan tidak sedikit, konten kuliner yang Venia buat hasil dari rekomendasi para viewernya.
“Sering berinteraksi dengan netizen dan mencoba rekomendasi kuliner yang disarankan oleh para viewer. Sejauh ini, rekomendasi dari para follower makanannya sangat enak-enak,” tuturnya.
Bagi Venia, tidak hanya mencari keuntungan dari keaktifannya di Media Sosial. Namun, membantu UMKM dalam mempromosikan produknya menjadi kebahagiaan tersendiri baginya. Apalagi mendapat bonus prestasi, karena dapat dipercaya oleh Brand-Brand besar, hal itu lebih dari cukup baginya.
Tips dari Venia untuk Kamu yang Ingin Menjadi Influencer Food dan Lifestyle !!!
Aktif di Media Sosial kuncinya adalah konsisten. Selalu mempublish konten, walaupun jumlah viewer nya belum banyak.
“Prinsipnya jangan Menunda pekerjaan dan selalu menetapkan target,” saran Venia.
Nah bagi kalian yang ingin sharing, berbagi pengalaman atau ingin menjalin kerjasama promosi dengan Gadis cantik yang satu ini, kamu bisa menghubunginya secara langsung lewat akun resmi Instagram @VeniaZaime, @veniakartikasari.mua dan Tiktok @veniazaime.