BMKG Sebut Kabut Asap Kota Jambi Merupakan Kiriman Dari Sumsel

Selasa 05-09-2023,09:05 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Kota Jambi dan sekitarnya saat ini sedang diselimuti kabut asap. Meskipun kabut asap cukup tebal, namun dilaporkan belum mengganggu jarak pandang bagi transportasi. Hanya saja, dari kajian Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, kabut asap yang terjadi membuat kualitas udara di Kota Jambi memburuk. 

 

Terkait adanya kabut asap ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi,  telah melakukan pantauan Citra Satelit. Hasil dari pantauan 3 hari terakhir, asap yang menyelimuti Kota Jambi berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Provinsi Sumatra Selatan. 

 

“Kami mendeteksi, saat ini memang terpantau dari Citra Satelit asap di wilayah Sumsel ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan yang besar di Sumsel dan arah angin dari Tenggara hingga selatan, itu otomatis asapnya akan terbawa ke wilayah Provinsi Jambi. Benar, ini merupakan asap kiriman juga dari Sumsel,” ujar Annisa, Koordinator Informasi dan Data BMKG Jambi.

 

Annisa juga menjelaskan, asap kiriman ini sudah terjadi sejak 3 hari terakhir, 

 

“Kalau asap kiriman ini kami pantau sudah dari 3 hari terakhir ini. Hal ini mengganggu Visibility (Jarak Pandang) yang mengalami penurunan. Terutama menjelang sore hari, malam dan dini hari,” pungkas Annisa. 

 

BMKG juga menyebutkan, akibat kabut asap jarak pandang di kota jambi sempat turun hingga 1.500 meter. Meski begitu kabut asap belum berdampak pada jadwal penerbangan. 

 

Kategori :