Anies - Cak Imin, PKS Tetap Dalam Koalisi dan Berikan Dukungan

Jumat 01-09-2023,13:37 WIB
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jakarta - Kabar dari Calon Presiden Anies Baswedan yang digadang akan berpasangan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengejutkan banyak pihak. Termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah lebih dulu bergabung dalam barisan koalisi pemenangan Anies Baswedan. Namun, kabar duet Anies-Cak Imin ini tidak berarti apa-apa bagi PKS, PKS tidak goyang mendukung Anies Baswedan sebagai Capres meski Cak Imin sebagai cawapresnya.

 

Hal ini ditegaskan Almuzammil Yusuf, Ketua Polhukam DPP PKS. Dukungan terhadap Anies Baswedan sesuai keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII yang menyatakan PKS secara resmi mendukung dan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai capres 2024.

 

"PKS tetap pada keputusan MMS VIII tersebut dan kami akan berjuang sebaik-baiknya dalam menjalankan amanat tersebut," ujar Almuzammil yang juga juga anggota Tim 8 KPP dalam keterangannya, Jumat 1 September 2023.

 

Sementara itu, terkait dinamika politik belakangan ini, termasuk mengemukannya duet Anies-Cak Imin, PKS menghormati setiap langkah masing-masing partai politik.

 

"Kami menghormati bahwa setiap partai politik memiliki hak dan kedaulatan dalam menentukan sikap politiknya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari titik temu dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), namun belum memperoleh hasil yang diinginkan bersama," tambah Almuzammil.

 

Namun, ia mengisyaratkan, partai politik anggota KPP tetap berpegang kepada kesepakatan sebelumnya di dalam piagam koalisi.

 

"Dalam penentuan Calon Wakil Presiden RI ditentukan oleh Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan," pungkasnya.

Kategori :