Data Per Juni 2023, Perkembangan Sektor Jasa Keuangan di Provinsi Jambi Tumbuh Positif

Sabtu 12-08-2023,10:08 WIB
Editor : Suci Mahayanti

Perkembangan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

Mendorong upaya pencapaian target literasi dan inklusi keuangan nasional, TPAKD Provinsi Jambi memiliki Program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Kawasan Wisata Kampung Laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Dengan implementasi program kerja ini, diharapkan masyarakat setempat dapat lebih memanfaatkan produk dan layanan lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan kegiatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat.

Program EKI di Kawasan Wisata Kampung Laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, akan terdiri dari serangkaian acara antara lain sosialisasi program EKI, Survei Pra Inkubasi, Kegiatan Inkubasi, dan Survei Pasca Inkubasi. Selanjutnya, telah dilakukan survei pra inkubasi pada tanggal 26 dan 27 Juni 2023. Survei tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat mengenai produk-produk Industri Jasa Keuangan serta kepemilikan produknya. 

Berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan kepada 331 penduduk kelurahan Tanjung Selok, kelurahan Kampung Laut dan Desa Majelas Hidayah, terdapat 50 persen responden memiliki tingkat pemahaman masyarakat produk Industri Jasa Keuangan (IJK) yang rendah dan belum menggunakan produk IJK.

 

Selanjutnya, akan terdapat proses inkubasi yang dilakukan pada rentang waktu tiga bulan hingga enam bulan melibatkan 7 (tujuh) IJK yang ada di Provinsi Jambi. Seluruh IJK yang terlibat akan mendampingi selama proses inkubasi sehingga masyarakat dan pelaku UMKM setempat mendapatkan edukasi hingga program pemberdayaan melalui kredit ultra mikro (UMi). 

Kategori :