Musnahkan Arsip In Aktif, Pemkot Jambi Wacanakan Penerapan Arsip Digital

Selasa 01-08-2023,10:04 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, KotaJambi - Pemusnahan ribuan arsip dari enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Jambi ini, langsung dipimpin oleh Wakil Walikota Jambi Maulana di gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Jambi. Arsip-arsip yang dimusnahkan ini merupakan arsip yang bersifat in aktif di Dinas Kesehatan, Koperasi dan Tenaga Kerja, Pol Pp dan beberapa dinas lainnya.

Pemusnahan arsip in- aktif ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota Jambi Maulana, dan diikuti oleh beberapa OPD lainnya yang hadir. Dalam hitungan detik, berkas in-aktif yang dimasukkan kedalam mesin pencacah hancur.

“Hari ini sebagai bagian proses penyelenggaraan arsip daerah yang Alhamdulillah kota Jambi selalu mendapatkan penghargaan dari Arsip Nasional RI, tentang penyelenggaraan arsip yang memuaskan. Insya Allah tahun depan masuk ke yang sangat memuaskan,” kata Wawako Maulana.

Menurut Maulana, pemusnahan arsip ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya penumpukan arsip, sehingga arsip yang masih aktif dapat terpelihara dan dapat tertata dengan baik. Sekaligus mengefisiensi biaya pemeliharaan perawatan serta penyimpanannya. 

Tak hanya itu, kedepan Pemerintah Kota Jambi juga akan lebih mengedepankan arsip digital yang diniliai lebih efisien.

“Salah satu proses dari penyelenggaraan arsip adalah untuk arsip yang sudah tidak dibutuhkan lagi harus dimusnahkan. Oleh karena itu pada hari ini kami melakukan pemusnahan arsip enam OPD yang memang sudah dilakukan pemilihan oleh arsiparis dan ini memang layak untuk dimusnahkan,” tandasnya. 

Kategori :