60 Kasus HIV Akibat LSL Ditemukan di Kota Jambi

60 Kasus HIV Akibat LSL Ditemukan di Kota Jambi

Ratusan Kasus HIV ditemukan di Kota Jambi, 60 diantaranya akibat LSL-Agustri-JambiTV

KOTA JAMBI, JAMBITV.CO - Kasus penyakit menular HIV di KOTA JAMBI mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menariknya ada pergeseran penularan HIV, yakni dengan hubungan seks sejenis antara lelaki dengan lelaki (LSL).

Dinas kesehatan Kota Jambi mencatat jumlah penderita HIV tahun ini sebanyak 112 orang, dengan jumlah total keseluruhan dari tahun tahun sebelumnya berjumlah 990 orang. 

Menariknya dari jumlah tersebut terjadi pergeseran penularan HIV di Kota Jambi. 

BACA JUGA:Waspada!!! 95 Warga Batanghari Positif Mengidap HIV/AIDS

Dimana Dinkes mencatat, ditemukan lonjakan penularan melalui hubungan seks sejenis yaitu lelaki seks lelaki (LSL). 

Kepala bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit Dinkes Kota Jambi  dr Rini mengatakan, tahun ini dari 112 kasus HIV dimana 60 diantaranya merupakan kasus LSL.

“Kasus temuan tahun ini sampai Juni 112 kasus. Tapi kalau kamu secara akumulatif dari tahun-tahun sebelumnya itu ada 990 kasus. Sekarang ada pergeseran kasus, dimana dari 112 kasus, 60 diantaranya akibat LSL,” kata Rini.

BACA JUGA:Penderita HIV/AIDS di Batanghari Bertambah Jadi 81 Orang

Rini juga menambahkan, LSL ini berbeda dengan waria, dimana tahun ini ditemukan 4 kasus pada waria. Sisanya dari pekerja seks komersial dan pengguna PSK

Dia menambahkan, orang yang rentan tertular HIV antara lain pekerja seks komersial yang tetap beraktivitas dan berpotensi besar menularkan kepada orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: