170 Hektar Sawah di Kota Jambi Kekeringan

170 Hektar Sawah di Kota Jambi Kekeringan

ratusan hektar sawah di Kota Jambi alami kekeringan-Agustri-JambiTV

KOTA JAMBI, JAMBITV.CO - Dinas pertanian dan ketahanan pangan KOTA JAMBI mulai memetakan daerah kekeringan, dimana tercatat 170 hektar lahan sawah mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Dampak musim kemarau masih melanda sebagian sawah di Kota Jambi. Bahkan dari 270 hektar sawah yang sudah di tanam padi, 170 hektar diantaranya mengalami kekeringan dan berpotensi gagal panen.

Kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kota Jambi, Evridal Asri mengatakan, dampak kemarau ini sudah ada yang menyebabkan beberapa tanaman padi mati. 

BACA JUGA:Dampak Musim Kemarau, 83 Taman Kota Jambi Kekeringan

Namun jumlahnya masih dalam pendataan petugas di lapangan.

Untuk mengantisipasi gagal panen, Pemerintah Kota Jambi akan menyerahkan bantuan mesin pompa air. Kemudian akan memberikan bantuan sumur kepada petani padi sebagai pencegahan gagal panen.

“Kita sudah melakukan penanaman itu sekitar 276 hektar dari 520 hektar. Jadi dari 276 hektar itu lebih kurang 170 hektar itu mengalami kekeringan. Dan kekeringan ini kita kategorikan kekeringan berat dan kekeringan sedang. Untuk kategori berat inilah yang sedang kita upayakan bagaimana kita menghasilkan sumber air. Kalau untuk yang mati itu sudah ada, tapi belum kita data secara rinci. Paling tidak yang mati itu di lokasi kekeringan berat,” kata Evridal.

BACA JUGA:Alami Kekeringan, Warga Cari Air Bersih Hingga Ke Pinggir Hutan

Dalam beberapa hari ke depan diharapkan turun hujan di Kota Jambi. Sehingga sawah yang mulai kering bisa terisi air dan potensi gagal panen tidak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: