Ketersediaan Stok Hewan Qurban di Batanghari Terdata Sebanyak 1.459 Ekor

Ketersediaan Stok Hewan Qurban di Batanghari Terdata Sebanyak 1.459 Ekor

Ketersediaan Stok Hewan Qurban di Batanghari Terdata Sebanyak 1.459 Ekor (Foto : Pirdana Atrio// Jambitv)--

Jambitv.co, Batanghari - Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 ini. Pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Batanghari, saat ini tengah melakukan pendataan terhadap hewan ternak warga yang akan dijadikan hewan qurban. Dari hasil pendataan itu, persediaan stok hewan qurban di daerah setempat diperkirakan berjumlah 1.459 ekor.

 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Disbunnak Kabupaten Batanghari, Afrizal mengatakan. Bahwa ribuan ekor stok hewan qurban tersebut, tersebar di delapan Kecamatan daerah setempat. Yakni terdiri jenis sapi, kerbau, kambing dan domba.

 

“Jadi untuk ketersediaan sampai saat ini, untuk sapi berjumlah 619 ekor sapi, kerbau  sebanyak 273 ekor, kambing 472 ekor, dan domba 95 ekor untuk tahun 2024 ini,” kata Afrizal, Senin (27/05/2024).

 

Menurutnya, jumlah ketersediaan stok hewan qurban ini tidak menutup kemungkinan akan kembali bertambah. Sebab sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan mendata hewan ternak yang dianggap sudah memenuhi syarat untuk dijadikan qurban.

 

“Datanya masih terus berlanjut, kita saat ini masih lakukan pemantauan dan pendataan. Nanti setiap minggu akan kita update lagi,” ungkapnya.

 

Afrizal memastikan, kegiatan pemantauan ketersediaan hewan qurban ini akan dilakukan pihak Disbunnak Kabupaten Batanghari sampai H-1 Idul Adha 1445 Hijriah. Upaya ini dilakukan untuk memastikan apakah ketersediaan hewan ternak nantinya dapat memenuhi kebutuhan.

 

“Untuk kepastiannya, kebutuhan dan ketersediaan terutama kebutuhan. Kemungkinan kegiatan itu berlanjut sampai hari H pemotongan. Semoga tidak ada kekurangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id