Dewan Dukung Penuh Kegiatan Senandung Jolo Khas Muaro Jambi

Dewan Dukung Penuh Kegiatan Senandung  Jolo Khas Muaro Jambi

--

Jambitv.co, Muaro Jambi--Pemerintah  kabupaten Muaro jambi  melaksanakan pengelaran senandung Jolo yang  melibatkan  seribu siswa/i Terbanyak,dalam hal Dewan Kabupaten Muaro Jambi  apresiasi  dan dukung penuh atas kesenian asli milik Kabupaten Muaro Jambi.

 

Dalam rangka peringatan  hari  Pendidikan Nasional  (HARDIKNAS) 2024/ribuan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bermain musik senandung Jolo dan berhasil  meraih rekor dunia dari  MURI (Musium Rekor Indonesia).

 

Senandung jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan dikategorikan sebagai sastra tutur karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

 

Munculnya kesenian senandung jolo berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu yang sebagian basar mata pencarian behumo (berladang) dihutan.

 

Usman Kholik Anggota  DPRD Kabupaten Muaro Jambi Dari Fraksi PDIP mengatakan bahwa  dewan sangat mendukung  penuh kegiatan  ini dimana senandung  julo sudah dipatenkan dari kementerian  Pendidikan yang merupakan salah satu  Kebudayaan  tak benda dan ini harus dilestarikan agar ini tidak punah di makan zaman.

 

"Kami mendukung  sepenuhnya Kesenian Senandung jolo karena ini sudah dipatenkan oleh kementerian Pendidikan" Ungkap Usman Khalik.

 

Selanjutnya  Senandung jolo telah ada di kelurahan tanjung dan sudah berada diambang kepunahan karena tidak ada yang meneruskannya Hal ini disebabkan tidak adanya minat dan kecintaan anak-anak terhadap kesenian sebab dilain pihak tidak ada inisiatif atau kurangnya perhatian para seniman tradisi untuk menularkan kesenian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: