Tinggi Muka Air Sungai Batanghari di Level Siaga Persiapan

Tinggi Muka Air Sungai Batanghari di Level Siaga Persiapan

Tinggi Muka Air Sungai Batanghari di Level Siaga Persiapan - (Foto : Pirdana Atrio//Jambitv)--

Jambitv.co, Batanghari - Fluktuasi debit air sungai di Kabupaten Batanghari, sampai saat ini masih terus terjadi. Bahkan tinggi muka air sungai, kini cenderung mengalami kenaikan. Sebab berdasarkan hasil pantauan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, melalui Alat Pengukur Ketinggian Air (APKA), tinggi muka air sungai sudah berada di level Siaga Persiapan.

 

Kondisi ini dibenarkan Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari, Syamral Lubis. Bahwa dari hasil pantauan melalui APKA pada Jum’at sore (19/04/2024), sekitar pukul 17.00 WIB. Tinggi muka air sungai berada di posisi angka 258 CM.

 

“Saat ini diposisi 258 centimeter. Ini sedikit menurun dibanding pukul 07.00 WIB pagi tadi, yang berada diangka 261 centimeter. Artinya kondisi air sungai saat ini masih fluktuasi atau naik turun,” kata Syamral Lubis saat dikonfirmasi Jambitv.co.

 

Fluktuasi debit air sungai ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir, dan Kondisi ini menurut Syamral Lubis perlu diwaspadai. Terutama bagi warga yang berdomisili atau bermukim di sepanjang bantaran aliran sungai Batanghari.

 

“Himbauan kita, kepada seluruh Masyarakat di Batanghari yang berdekatan dengan bantaran sungai. Selalu berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Karena berbagai ancaman masih berpotensi terjadi,” imbaunya.

 

Syamral Lubis juga mengungkapkan, kenaikan debit air sungai masih sangat berpotensi terjadi. Sebab wilayah Kabupaten Batanghari maupun sekitarnya, sampai saat ini masih berpotensi dilanda musim penghujan, dengan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga kondisi ini dikhawatirkan dapat berpotensi terjadinya bencna banjir susulan.

 

“Itu ada kemungkinkan, berpotensi sekali. Karena kita tidak hanya mengamati rilis BMKG Provinsi Jambi. Akan tetapi juga mengikuti perkembangan informasi melalui berita-berita di Media Nasional, bahwa ada global warning atau adanya peringatan secara global. Artinya cuaca kita saat ini tidak bisa diprediksi,” ungkap Sekretaris BPBD Batanghari, Syamral Lubis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id